Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Jumlah SMP Sawsta Gratis di Semarang akan Ditambah

Kompas.tv - 10 Juli 2024, 10:01 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Sebagai upaya memberikan pelayanan pendidikan yang merata dan berkualitas, Pemerintah Kota Semarang memiliki program sekolah gratis di Sekolah Menengah Pertama (SMP) swasta. Pembiayaan pendidikan sekolah swasta gratis sepenuhnya ditanggung oleh Pemerintah Kota Semarang lewat Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

Berdasarkan data Dinas Pendidikan Kota Semarang, hingga tahun 2024 jumlah SMP swasta gratis di Kota Semarang sebanyak 41 sekolah. Bahkan Pemerintah Kota Semarang berencana menambah jumlah sekolah swasta gratis khususnya untuk tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP). Minat peserta didik yang mendaftar di SMP swasta gratis meningkat dibandingkan tahun sebelumnya.

“Untuk SMP swasta gratis kan memang sudah dibuka bahkan sebelum PPDB SMP Negeri buka, mereka pun sudah buka. Setelah PPDB negeri mereka pun juga masih buka dan antusiasnya dari beberapa sekolah yang saya tanya itu pendaftarannya cukup bagus, artinya membantu ketika di sekolah negeri tidak diterima, bisa masuk sekolah swasta gratis, karena konsepnya zero pungutan. Di tahun 2025 kita akan menambah jumlah sekolah swasta gratis, dan yang perlu kami tambahkan di sini kelliatannya SMP," jelas Erwan Rachmat, Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Semarang.  

Pendaftaran Sekolah Menengah Pertama (SMP) swasta gratis dibuka hingga akhir Juli 2024 mendatang. Dengan program sekolah gratis diharapkan peserta didik yang tidak diterima di SMP negeri bisa tetap mendapatkan fasilitas pendidikan yang memadai dan tidak ada anak yang putus sekolah karena kekurangan biaya. 

#smp #ppdb #swasta




Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x