Kompas TV regional papua maluku

TNI Berhasil Menguasai Distrik Agandugume Setelah Setahun Dikuasai OPM

Kompas.tv - 8 Juli 2024, 21:57 WIB
Penulis : KompasTV Sorong

PUNCAK, KOMPAS.TV - Sempat terjadi kontak tembak antara gerombolan Organisasi Papua Merdeka, dengan puluhan prajurit TNI Yonif 751/Vira Jaya Sakti akhirnya berhasil menguasai Distrik Agandugume dari tangan OPM, Sabtu (06/07/2024).

Dankolakops Korem 173/Praja Vira Braja, Brigjen TNI Frits Wilem Rizard Pelamonia menjelaskan, Distrik Agandugume yang terletak di kabupaten puncak dikuasai gerombolan OPM sejak Maret 2023, sehingga tak ada penerbangan menuju Distrik Agandugume. Akibatnya masyarakat setempat dilanda kelaparan ekstrim pada Juli 2023 lalu.

Setelah menguasai distrik agandugume, personil TNI yonif 751 rider di bantu warga membersihkan Bandara Agandugume untuk pendaratan pesawat yang membawa bahan pokok untuk masyarakat Agandugume.

Kedepannya akan dibangun gudang logistik badan nasional penanggulangan bencana, sehingga masyarakat Agandugume tidak lagi merasakan kelaparan ekstrim.

Dengan keberhasilan Satgas Yonif 751/Vira Jaya Sakti dalam mengamankan Distrik Agandugume menjadi bukti nyata komitmen TNI dalam mendukung pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Papua.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x