Kompas TV regional sumatra

Kapolda Sumut Irjen Agung Setya Imam Dimutasi, Siapa Sosok Penggantinya?

Kompas.tv - 27 Juni 2024, 11:33 WIB
kapolda-sumut-irjen-agung-setya-imam-dimutasi-siapa-sosok-penggantinya
Kapolda Sumut Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi dimutasi, digantikan oleh Brigjen Pol Whisnu Hermawan Februanto (Sumber: Tribunnews.com)
Penulis : Dian Nita | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kapolri Jenderal Listyo Sigit memutasi Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Sumatra Utara (Sumut) Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi.

Mutasi tersebut tertuang dalam surat telegram Kapolri nomor ST/1236/VI/KEP/2024 tanggal 24 Juni 2024, seperti dikutip dari Antara.

Surat telegram tersebut ditandatangani oleh ASDM Kapolri Irjen Dedi Prasetyo.

Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi ditunjuk sebagai Perwira Tinggi (Pati) Bareskrim Polri dan menunggu persiapan penugasan luar struktur.

Baca Juga: Polri Mutasi Besar-Besaran: 2 Irjen Geser Posisi, Sasar 745 Personel, Termasuk 29 Perwira Tinggi

Lantas, siapa pengganti Kapolda Sumut sekarang?

Menurut surat telegram tersebut, Kapolda Sumut kini dijabat oleh Brigjen Pol Whisnu Hermawan Februanto yang sebelumnya menjadi Dirtipideksus Bareskrim Polri.

Selain Brigjen Pol Whisnu yang diangkat menjadi Kapolda, Brigjen Suyudi Ario Seto yang sebelumnya menjabat Wakapolda Metro Jaya kini diangkat menjadi Kapolda Banten.

Kapolri juga memutasi Kadiv Propam Polri Irjen Syahardiantono menjadi Kabaintelkam Polri.

Posisi Kadiv Propam Polri yang ditinggalkan Syahar akan diisi oleh Irjen Abdul Karim. Diketahui, Irjen Abdul Karim sebelumnya menjabat Kapolda Banten.

Baca Juga: Reaksi Bobby Nasution Dukung Ketum NasDem Surya Paloh Maju Pilgub Sumut 2024

Polri Mutasi Besar-besaran

Diketahui, Polri melakukan melakukan mutasi besar-besaran, kali ini menyasar terhadap 745 personelnya.

Asisten Kapolri Bidang Sumber Daya Manusia (As SDM) Polri Irjen Pol. Dedi Prasetyo menjelaskan bahwa mutasi ini mencakup berbagai aspek, termasuk promosi, pensiun, penugasan khusus, dan lainnya.

Dari total 745 personel yang terkena mutasi, 29 di antaranya merupakan perwira tinggi (pati) dan 443 perwira menengah (pamen).

Dedi mengatakan, mutasi ini juga memberikan kesempatan bagi polwan untuk menduduki jabatan strategis. Dari total personel yang dimutasi, terdapat 18 polwan yang mendapatkan promosi.

Rinciannya meliputi satu Brigjen Pol., sebelas Kombes Pol., empat AKBP, dan dua kapolres.

Baca Juga: Disdik Sumut: SMAN 8 Medan Harus Tinjau Ulang Keputusan Siswi Tinggal Kelas

Dedi Prasetyo merinci bahwa mutasi promosi ini melibatkan dua Irjen, 27 Brigjen, 346 Kombes, 97 AKBP mantap, empat kapolres IIB, dan 146 kapolres IIIA2.

Selain promosi, mutasi juga mencakup 68 personel yang memasuki masa pensiun, 24 personel yang mendapatkan penugasan khusus, dua personel yang kembali dari penugasan khusus, enam personel yang mengalami demosi, dan satu personel yang menjalani pendidikan.



Sumber : Kompas TV, Antara



BERITA LAINNYA



Close Ads x