Kompas TV regional sulawesi

Akses Jalan Rusak, Pasien Ditandu Lewati Gunung & Sungai

Kompas.tv - 26 Juni 2024, 12:16 WIB
Penulis : KompasTV Makassar

POLMAN, KOMPAS.TV - Seorang pasien di Kabupaten Polewali Mandar, Sulawesi Barat, terpaksa ditandu menuju fasilitas kesehatan. Pasien tersebut terpaksa ditandu lantaran kondisi jalan yang rusak parah dan tidak dapat dilalui kendaraan.

Warga Desa Besoanging, Kecamatan Tubbi Taramanu, Polewali Mandar terpaksa bergotong royong. Mereka berjibaku, mendaki gunung dan menyusur sungai demi membawa salah seoarang warga yang tengah sakit.

Warga tak punya pilihan, kondisi jalan didaerah mereka yang buruk membuat kendaraan tak bisa masuk. Warga pun terpaksa menandu pasien tersebut ke fasilitas kesehatan terdekat.

Butuh perjuangan hingga empat jam, untuk bisa menempuh jarak tujuh kilometer ke Desa Piriang, desa terdekat yang memiliki akses jalan lebih baik. Namun perjuangan pasien belum usai, pasien akan di bawa menggunaan mobil ke rumah sakit umum daerah Polewali Mandar yang berjarak 80 kilometer.

Warga Desa Besoanging memang butuh perjuangan keras untuk bisa mendapatkan layanan kesehatan. Tak hanya yang sakit, saat ada warga yang hendak melahirkan kasusnya pun akan terulang, harus di tandu melewati gunung dan juga sungai.

#aksesjalanrusak

#pasienditandu

#pasien



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x