Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Dukung Ketahanan Pangan, Kodam IV/Diponegoro Panen Jagung

Kompas.tv - 26 Juni 2024, 10:11 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Panen raya jagung dilakukan oleh jajaran Kodam IV/Diponegoro di Dusun Pablengan, Desa Sidokumpul, Kecamatan Patean, Kabupaten Kendal. Lahan yang dipakai untuk berkebun jagung ini adalah lahan tidur milik Yayasan Rumpun Diponegoro. Dari lahan tidur seluas 228 hektar ini, saat dilakukan panen raya dapat menghasilkan lebih dari 1.500 ton.

Menurut Pangdam IV/Diponegoro Mayjen TNI Deddy Suryadi, penanaman jagung ini akan dilakukan secara berkelanjutan dan akan terus ditingkatkan produktifitasnya, diantaranya dengan pemilihan bibit jagung super dan perawatan yang baik. Kegiatan ini merupakan program tni untuk turut mewujudkan ketahanan pangan nasional dengan memanfaatkan lahan tidur.

“Sebagaimana yang disampaikan dari pemerintah kita haruis memanfaatkan lahan lahan yang ada di wilayah sekitar kita. Di sini ada jagung nanti di tempat lain ada padi dan lain lain sesuai dengan karakteristik wilayahnya masing-masing. Saya harapkan tadi dengan kerja samanya kami Kodam IV/Diponegoro, ada dari pemerintah daerah juga dari swasta dan perbankan yang sudah menitipkan pinjaman kepada masyarakat sehingga apa yang menjadi keinginan kita bahwa masyarakat juga harus menjadi sejahtera,” tutur Mayjen TNI Deddy Suryadi, Pangdam IV/Diponegoro.

Sementara itu, Bupati Kendal Dico Ganinduto mengapresiasi program ketahanan pangan yang dilakukan oleh Kodam IV/Diponegoro. Dico berharap program ketahanan pangan ini bisa dilakukan secara berkesinambungan untuk kesejahteraan rakyat.

“Pertama saya ucapkan terima kasih kepada Pak Pangdam IV/Diponegoro beserta jajarannya atas kolaborasi terkait dengan ketahanan pangan. Harapannya ini bisa terus kita tingkatkan dan tidak berhenti sampai di sini. Bisa terus kita tingkatkan program ketahanan pangan khususnya dalam meningkatkan value kepada para petani dan juga dunia pertanian. Seperti yang disampaikan Pak Pangdam juga bagaimana hilirisasi itu nanti kita coba kolaborasikan yang akan kita inisiasi dari Pemda Kendal harapannya nanti bersinergi dengan Kodam IV/Diponegoro,” jelas Dico Ganinduto.

Penaman jagung di lahan tidur ini merupakan upaya dari Kodam IV/Diponegoro dan jajarannya untuk menyukseskan ketahanan pangan nasional.

#panenraya #ketahanan #pangan



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x