Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Pameran Karya Inovatif Mahasiswa PPG Prajabatan Berbasis Riset

Kompas.tv - 14 Juni 2024, 10:50 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Karya mahasiswa pendidikan profesi guru (PPG) prajabatan gelombang 1 tahun 2023 pascasarjana ini dipamerkan di kampus empat Upgris Semarang. Karya berbasis riset ini meliputi ekonomi kreatif, kuliner, kesehatan, industri hingga modul pembelajaran.

Salah satu contoh karya ecoprint tote bag, pembuatan sabun cuci dari daun pandan, pemanfaatan tanaman mangrove, pemanfaatan botol bekas hingga layanan tes HIV gratis.

Direktur pascasarjana Upgris Harjito menegaskan karya yang dipamerkan merupakan karya inovatif yang bakal berguna untuk masyarakat luas.

"Gelar karya kepemimpinan pesertanya adalah mahasiswa PPG prajabatan gelombang satu tahun 2023. Ini adalah karya-karya unggulan mahasiswa. Mereka melakukan inovasi yang berguna bukan hanya untuk masyarakat, tetapi juga membantu mereka melatih kreativitas," tutur Prof. Harjito. 

"Saya membuat ecoprint, produknya berupa tote bag. Ecoprint adalah teknik pewarnaan alami menggunakan daun dengan motif yang unik dan otentik. Biasanya menggunakan daun ketela, daun pepaya, daun pohon jati, dan  bunga telang," ujar Erika Rahayu, mahasiswa.  

Pihak kampus berencana akan memfasilitasi karya mahasiswa terutama untuk bidang kewirausahaan agar bisa berkembang.

#ppg #upgris #kotasemarang



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x