Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Sapi Lokal Jumbo Berbobot 800 Kg Dibanderol Rp 55 Juta

Kompas.tv - 13 Juni 2024, 11:51 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

CILACAP, KOMPAS.TV - Sapi milik seorang peternak di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, memiliki ukuran jumbo dengan bobot mencapai lebih dari 800 kilogram. Sapi jenis lokal tersebut dibanderol dengan harga Rp 55 juta bagi yang berminat membeli untuk kurban.

Sapi berukuran jumbo milik Pardi, peternak sapi di Desa Kawunganten, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah memiliki postur besar dengan bobot yang diperkirakan mencapai lebih dari 800 kilogram.

Istimewanya, sapi ini adalah sapi jenis lokal atau biasa disebut sapi benggolo, yang jika sudah dewasa untuk sapi jantan bobotnya hanya berkisar 450 hingga 550 kilogram.

Namun, sapi milik Pardi, tingginya saja hampir mencapai 2 meter dan memiliki berat sekitar 800 kilogram. Dengan ukuran tersebut, Pardi membandrol sapi benggolonya dengan harga Rp 55 juta.

“Sapi PO atau sapi benggolo saya pasang harga Rp 55 juta. Untuk bobotnya belum saya timbang tapi menurut saya, kurang lebih 8 kuintal. Sudah ada yang nawar tapi belum saya lepas,” tutur Pardi.

Menurut Pardi, untuk merawat sapi lokal hingga sebesar itu tidak terlalu susah. Ia hanya memberi makanan biasa seperti rumput segar, ketela dan dedak atau bekatul, serta menjaga kebersihan sapi dan kandang.

Menurutnya, dengan memberikan makanan yang cukup, serta kandang yang bersih, akan dapat menjaga sapi tetap sehat dan tumbuh maksimal sehingga bisa mencapai ukuran besar dan bobot yang maksimal.

#sapijumbo #cilacap #hewankurban



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x