Kompas TV regional jawa timur

Antisipasi Kerusuhan Pilkada, Polresta Malang Kota Gelar Simulasi Pengamanan

Kompas.tv - 12 Juni 2024, 19:50 WIB
Penulis : KompasTV Malang

MALANG, KOMPAS.TV - Polresta Malang Kota menggelar simulasi pengamanan dalam Pilkada Kota Malang, Rabu (12/06/2024).

Dalam simulasi ini, ratusan pendukung salah satu pasangan calon kepala daerah Kota Malang menggeruduk kantor komisi pemilihan umum KPU Kota Malang. Mereka tidak puas dengan hasil pemilihan wali kota dan memaksa KPU mengulang pemungutan suara. 

Anggota kepolisian bersiaga mengamankan jalannya aksi, massa yang semakin beringas mencoba melawan petugas dan memaksa masuk kantor KPU hingga terjadi kerusuhan.

Setelah berhasil dipukul mundur pasukan dan mobil water canon, sekelompok orang tidak dikenal berhasil masuk ke Kantor KPU dan menyekap salah satu komisioner KPU. Anggota Brimob dengan sigap berhasil melumpuhkan para pelaku dan menyelematkan komisioner KPU tersebut.

Kapolresta Malang Kota, Kombes Budi Hermanto menyebut, hingga saat ini kondisi kota malang aman terkendali. Simulasi pengamanan pilkada ini sebagai langkah antisipasi dan pemantaban anggota dalam menghadapi kerawanan.

"Jadi prediksi dalam simulasi tadi adanya pengrusakan kantor KPU, Bawaslu adanya objek vital pertokoan mengganggu Kamtibmas juga harus kita persiapkan," Kata Kapolresta Malang Kota. 

Kapolresta Malang Kota juga memastikan bahwa hingga saat ini tidak ditemukan adanya potensi ancaman titik rawan dalam pemilihan kepala daerah Kota Malang.

 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x