Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Kafe Gethe Berkonsep Lampau Mengajak Bernostalgia di Th 70-An

Kompas.tv - 12 Juni 2024, 10:23 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Inilah Kafe Gethe, sebuah kafe kecil yang terletak di tengah Kampung Tua Sekayu yang terkenal dengan Masjid Sekayu, Kota Semarang. Kafe ini mengusung konsep zaman dahulu di era 70-an, dimana tampak dari ornamen di setiap sudut kafe, dan juga menu makanan dan minuman yang disajikan.

Ari Purbono, pemilik Kafe Gethe pun bercerita ia mendirikan sebuah kafe di tengah kampung untuk mengingatkan kembali kepada para pengunjung bahwa Kampung Sekayu merupakan kampung tua yang bersejarah. Selain konsep kafe-nya yang unik karena terletak di dalam gang perkampungan, Kafe Gethe Juga menyediakan beraneka menu makanan dan minuman yang identik dengan Kota Semarang dengan memberikan nama-nama menggunakan bahasa prokeman ala Semarang.

"Gethe itu artinya kemari, bahasa Semarang. Jadi ada istilah ngoce, ngoce itu dulu bahasa negatif, bahasa prokeman preman Semarang. Jadi kalau, yuk ngoce, itu artinya minum minuman keras. Tapi kalau sekarang ngoce untuk anak-anak muda sekarang, ya minum biasa," ujar Ari Purbono, pemilik Kafe Gethe. 

Nama Gethe sendiri diambil dari bahasa prokem Semarang yang populer pada tahun 70-an yang berarti kesini atau kemari. Salah satu pelanggan Kafe Gethe adalah Gloria, setidaknya sekali dalam sepekan ia mengunjungi Kafe Gethe untuk menikmati hidangan wedang rempah.

"Konsep kafenya ini nyaman untuk nongkrong, buat ngobrol-ngobrol, dan nama menu makanannya Semarang banget," tutur Gloria, pelanggan. 

Menu makanan dan minuman yang ditawarkan di kafe ini pun terbilang murah meriah, mulai dari harga Rp 1.000 hingga Rp 25.000 saja. Selain bisa mencicipi aneka makanan, minuman, dan kudapan yang ada di kafe ini, pengunjung juga dapat belajar sejarah Kota Semarang dari beragam buku dan foto yang dipajang di setiap sudut di Kafe Gethe.

Jika anda tertarik berkunjung, kafe yang terletak persis di sebelah selatan Masjid Sekayu, Kota Semarang ini buka setiap hari kecuali hari Senin, mulai pukul setengah satu siang hingga pukul 10 malam.

#kampungsekayu #kafegethe #kotasemarang



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x