Kompas TV regional jawa tengah dan diy

2 Pelestari Lingkungan dan Satwa Terima Upakarti dari Unnes

Kompas.tv - 11 Juni 2024, 08:55 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Universitas Negeri Semarang (Unnes) memberikan penghargaan kepada pelestari lingkungan dan satwa. Penghargaan ini diberikan kepada dua tokoh indonesia yakni Jansen Manansang dan Victor Rachmat Hartono.

Pelestari lingkungan dan satwa, Jansen Manansang merupakan founder dan komisaris utama Taman Safari Indonesia mendapatkan anugerah Upakarti Reksa Marga-Taru dan Victor Rachmat Hartono dari Djarum Foundation mendapat anugerah Upakarti Reksa Mandala Bhuwana pada ulang tahun ke-59 Unnes.

Jansen Manansang dinilai telah peduli melestarikan satwa. Taman safari tidak hanya untuk melihat satwa namun sebagai tempat konservasi satwa langka dan dikembalikan ke alam. Sementara Victor Rachmat Hartono dinilai telah menghijaukan sepanjang pantura Sumatera bahkan hingga Lombok sehingga diharapkan kualitas udara di Indonesia terus membaik. Contoh dari kedua tokoh ini diharapkan sebagai pemicu masyarakat lain untuk lebih peduli terhadap lingkungan.

“Unnes memberikan penghargaan kepada Bapak Jansen sebagai pengelola taman safari yang telah melestarikan satwa. Jadi Taman Safari tidak hanya tempat melihat satwa, tapi juga tempat berkembangbiaknya satwa. Kemudian Pak Victor dari Djarum Foundation yang mengagas penanaman pohon sepanjang pantura Sumatera bahkan hingga Lombok,” tutur Prof Martono, Rektor Unnes.

“Taman Safari tidak hanya tempat untuk melihat satwa, tapi juga menciptakan kerjasama dengan akademisi, ilmuwan dan mahasiswa dari semua jenjang,” ucap Jansen Manangsang.

Directur Communications Djarum Foundation, Mutiara Diah mengapresiasi penghargaan tersebut. Pihaknya akan terus menjalankan penghijauan yang sudah dirintis. Penghijauan yang selama ini sudah berjalan antara lain sepanjang Trans Jawa dan Trans Sumatera. Sementara di pantura Jawa Tengah, Bali dan Lombok pihaknya melakukan penanaman mangrove.

“Kami akan senantiasa menjalankan penghijauan yang sudah dilakukan sejak 1979. Kami sudah menghijaukan sepanjang 3.300 kilometer, sepanjang jalan tol pantura, Sumatera, Lombok dan Bali dan juga mangrove di utara pantai Jawa Tengah,” ujar Mutiara Diah.

Upaya melakukan penghijauan di sejumlah kampus hingga sejumlah candi akan terus dilakukan termasuk upaya lain yang berkaitan untuk terus menghijaukan Indonesia.

#unnes #pelestarilingkungan #pelestarisatwa



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x