Kompas TV regional berita daerah

Jelang Idul Adha, Penjual Hewan Kurban Mulai Ramai

Kompas.tv - 10 Juni 2024, 13:00 WIB
Penulis : Kompastv Lampung

LAMPUNG, KOMPAS.TV - Jelang Idul Adha penjual hewan kurban sudah mulai ramai dijajakan seperti yang terpantau di salah satu lapak yang berada di kawasan Jalan Sultan Badarudin Susunan Baru Bandar Lampung Lampung.

Baca Juga: Harga Jual Kopi Mahal, Pegiat UMKM Terdampak


Puluhan kambing kurban dengan beragam bobot ukuran dijual dengan harga yang bervariatif mulai dari 2,5 juta rupiah untuk kisaran bobot 12 kilogram dan harga 5 juta rupiah untuk kisaran bobot 40 kilogram.


Andika sebagai penjual mengaku saat ini warga sudah mulai ramai mencari hewan kurban khususnya kambing. Jumlah pembeli juga diprediksi akan meningkat di 3 hari jelang lebaran pada 17 Juni mendatang.


Ia juga menyebut pihak Dinas Peternakan Pemerintah Provinsi Lampung sudah melakukan pengecekan dan dinyatakan semua hewan kurban yang ia jual dalam kondisi sehat.


Salah seorang warga mengaku sengaja mencari kambing yang akan dijadikan hewan kurban lebih awal karena berharap mendapat harga lebih murah dengan kwalitas bobot besar dan kesehatan yang baik sehingga layak untuk dikurbankan pada idul adha mendatang.


Diketahui kriteria hewan kambing dan sapi yang layak untuk dikurbankan saat idul adha diantaranya sehat yang sudah berdasarkan pemeriksaan oleh dokter, tidak cacat, tidak kurus, cukup umur untuk kambing  diatas satu tahun atau ditandai dengan tumbuhnya sepasang gigi tetap dan untuk sapi diatas usia 2 tahun dengan ditandai tumbuhnya sepasang gigi tetap.

#hewankurban #iduladha #ramai



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x