Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Masuk Permukiman, Kera Merusak Tanaman & Memangsa Anak Ayam

Kompas.tv - 10 Juni 2024, 09:49 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

GUNUNGKIDUL, KOMPAS.TV - Warga Padukuhan Nongkosingit, Kelurahan Dadapayu, Kapanewon Semanu, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta diresahkan dengan kera ekor panjang yang mulai masuk ke permukiman.

Kera ekor panjang ini menyerang tanaman di pekarangan warga seperti singkong, buah pisang, maupun pepaya. Bahkan, kera ekor panjang juga memangsa anak ayam serta telur yang berada di dalam kandang.

Hal ini terjadi dalam beberapa pekan terakhir, saat masuk musim kemarau dan musim panen diladang usai. Warga pun membawa alat seperti ketapel sebagai pengusir kawanan kera tersebut.

"Kurang lebih semingguan ini kera masuk ke permukiman. Yang diserang di permukiman ini seperti buah-buahan, kalau hewan, ada anak ayam yang diserang. (Antisipasi warga) sementara ini hanya diusir, belum ada tindakan lebih misal ditembak, belum berani," ujar Sigit Wahyu Irawan, warga. 


Sementara untuk mengantisipasi semakin masifnya hewan ini, warga juga rutin bergiliran jaga di setiap pos ronda, khususnya pada pagi dan sore hari.

#gunungkidul #keraserangpermukiman #keraekorpanjang



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x