Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Seorang Pria Obesitas, Berbobot 165 Kg Alami Infeksi Kaki

Kompas.tv - 30 Mei 2024, 10:58 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SRAGEN, KOMPAS.TV - Seorang pria berusia 29 tahun, di Kecamatan Mondokan, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, memiliki berat badan mencapai  165  kilogram. 

Seorang pria berusia 29 tahun, di Kecamatan Mondokan, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, memiliki berat badan mencapai  165  kilogram. Karena sulit bergerak, ia kini mengalami masalah infeksi di kakinya.


Sungadi, warga asal Mondokan, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah, memiliki berat 165 kilogram. Pria yang kini berusia 29 tahun ini, tidak memiliki aktivitas yang banyak lantaran kesulitan untuk menggerakkan tubuhnya. Akibat berat badan yang sudah masuk dalam kelompok obesitas ini, Sungadi kini memiliki masalah pada kaki kirinya.

Infeksi di kaki kirinya ini, semakin membuat Sungadi sulit untuk bergerak.

Menurut pihak keluarga, Sungadi terlahir dengan berat badan 5,2 kilogram. Pada saat masa pertumbuhannya, ia memang sudah menunjukkan kecenderungan makan dalam jumlah yang besar, sehingga berat badannya kian naik dan melampaui obesitas.

Puskemas setempat sejak lama terus mengontrol dan mengingatkan keluarga, agar sungadi mendapatkan perhatian khusus untuk mengontrol nafsu makannya. Namun Sungadi kesulitan, ia tetap mengonsumi makanan yang ia sukai dengan porsi yang tak terbatas.

Tim kesehatan dari Puskesmas Mondokan, kini sedang membuat program khusus untuk melakukan upaya menurunkan berat badan sambil terus melakukan perawatan infeksi  pada kaki  Sungadi.

“Dari lahir berat badannya sudah 5,2 kilogram kemudian naik sangat pesat. Sudah diperiksa sama puskesmas tapi karena obesitas, dibawa ke rumah sakit tidak mau. Makannya luar bisa,” tutur Sri Dwi Astuti, bidan desa.

Dengan kondisi orangtua yang mengalami keterbatasan ekonomi, setiap bulan sekali Sungadi mendapatkan kunjungan medis gratis dari bidan  desa dan tim kesehatan puskesmas.

Sambil menunggu persetujuan keluarga, menurut rencana tim kesehatan puskesmas akan membawa Sungadi ke dokter spesialis dan membantu Sugandi mengatur pola dan menu makanan hingga asupan kalori.

#obesitas #sragen #priaobesitas



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x