Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Unik, Sate Domba Hot Plate Dagingnya Empuk

Kompas.tv - 30 Mei 2024, 10:40 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SUKOHARJO, KOMPAS.TV - Kuliner sate domba menjadi salah satu pilihan penyuka santapan olahan daging. Daging domba pun disajikan dengan berbagai kreasi. Seperti yang dilakukan Warung Sate Domba Plong di Jalan Raya Jetis Baki, Desa Jetis, Kecamatan Baki, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

Warung sate ini menjanjikan menyajikan daging domba yang empuk dan tidak berbau prengus, dengan menu andalan sate domba goreng dan sate domba bakar hot plate. Pada menu sate domba bakar hot plate, daging tersaji dalam kondisi hangat dan tekstur yang basah. Sementara itu, sate domba goreng merupakan menu yang paling disukai anak-anak karena rasanya manis dan empuk.

"Rasanya empuk, masakannya juga mantap. Harganya juga murah meriah. Bedanya dari daging kambing, daging domba lebih lembut," ujar Erna, pengunjung. 

Pemilik warung sate ini adalah Luky Natsmisuha. Samua daging yang diolah di warung sate ini berasal dari domba peternakan Luky sendiri.

Untuk memanjakan pelanggan, domba yang disembelih adalah balibul atau yang berumur di bawah lima bulan sehingga dapat dipastikan daging yang disajikan tidak alot. Dalam sehari, dua hingga tiga ekor domba disiapkan untuk diolah  menjadi gulai daging domba, sate domba bakar hot plate, sate domba goreng, tengkleng, juga tongseng.

"Kenapa saya memilih domba, karena domba itu cara pemeliharaannya lebih mudah dibandingkan kambing. Kemudian, ini juga hasil ternak sendiri. Selain itu, daging domba juga lebih empuk," ujar Luky Natsmisuha. 

Menyediakan suasana modern, harga aneka kuliner daging domba di warung ini cukup terjangkau. Menu favorit sate domba goreng seharga Rp 20.000 per porsi, begitu juga dengan gulai domba, tongseng, dan tengkleng. Sementara sate domba bakar hot plate seharga Rp 25.000 per porsi. Untuk nasi Rp 4.000 saja, dan bisa tambah sepuasnya dan sekenyangnya.

#kuliner #sukoharjo #dagingdomba



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x