Kompas TV regional berita daerah
advertorial

PLN Edukasi Masyarakat Cegah Kecelakaan Kelistrikan 4 Desa di Musi Banyuasin

Kompas.tv - 20 Mei 2024, 17:32 WIB
pln-edukasi-masyarakat-cegah-kecelakaan-kelistrikan-4-desa-di-musi-banyuasin
PLN ULP Sekayu melakukan sosialisasi bahaya listrik kepada masyarakat umum melalui kantor desa atau kelurahan maupun sosialisasi bahaya listrik secara langsung ke rumah-rumah masyarakat. (Sumber: Humas PLN ULP Sekayu )
Penulis : KompasTV Palembang

SEKAYU, KOMPAS.TV - Manager PLN ULP Sekayu, Agus Ibnu Tsani menyampaikan pihaknya secara rutin memberikan edukasi kepada masyarakat terkait upaya pencegahan kecelakaan kelistrikan guna mencegah berbagai resiko yang kemungkinan terjadi.

"Upaya yang sudah rutin dilakukan oleh PLN ULP Sekayu dalam rangka pencegahan kecelakaan masyarakat umum akibat bahaya listrik dengan melakukan sosialisasi bahaya listrik kepada masyarakat umum melalui kantor desa/kelurahan maupun sosialisasi bahaya listrik secara langsung ke rumah-rumah masyarakat. Harapannya dari kegiatan ini dapat meningkatkan pengetahuan dan kepedulian seluruh masyarakat terhadap Keselamatan Ketenagalistrikan," kata Agus Ibnu Tsani, Senin (20/05/2024).

Sebelumnya PLN ULP Sekayu juga melaksanakan sosialisasi di 4 Desa yang dilaksanakan di Gedung Serba Guna Desa Karya Maju (07/05/2024) dan dihadiri perangkat Desa dan warga Desa Karya Maju, Desa Sido Rejo, Desa Mulyo Asih, Desa Tegal Mulyo.

Dalam kegiatan tersebut Aurel Dafarez selaku Pejabat K3L menyampaikan, keselamatan ketenagalistrikan menjadi hal yang sangat penting dan menjadi perhatian bersama khususnya yang terkait dengan instalasi ketenagalistrikan, dimana pada dasarnya terjadi disebabkan oleh tindakan berbahaya (Unsafe Action) dan kondisi berbahaya (Unsafe Condition).

"Beberapa contoh tindakan berbahaya antara lain, menyentuh bagian yang berbahaya dari instalasi tenaga listrik, menggunakan tenaga listrik secara tidak sah, mendirikan bangunan/ pemasangan antena TV/ baliho/ kabel dan peralatan lainnya dekat jaringan SUTM, bermain layang-layang dekat jaringan listrik, menebang/memangkas pohon dekat jaringan listrik, menggali tanah dekat jaringan listrik," tuturnya.

Sedangkan kondisi berbahaya antara lain, rendahnya pemahaman terhadap bahaya listrik, penggunaan peralatan listrik tidak memenuhi syarat keselamatan atau tidak Standar Nasional Indonesia (SNI).

Aurel menambahkan, pada era modern saat ini, hampir seluruh aspek kehidupan menggunakan energi listrik, mulai dari aktivitas rumah tangga, kantor, sekolah begitu juga bisnis dan industri.

"Tentunya suplai listrik yang berkelanjutan sangat kita harapkan untuk kelancaran aktivitas kita tersebut," katanya.

"Melalui imbauan ini semoga menambah pengetahuan dan meningkatkan kepedulian kita terhadap listrik, marilah kita ciptakan sinergi dan kolaborasi dalam menjaga kontinuitas listrik dan keselamatan masyarakat umum dari bahaya listrik," katanya.



Sumber : Kompas TV Palembang



BERITA LAINNYA



Close Ads x