Kompas TV regional jawa timur

Kronologi Fortuner Masuk Jurang Sedalam 200 Meter di Kawasan Bromo, Diduga Rem Blong, 4 Orang Tewas

Kompas.tv - 14 Mei 2024, 07:51 WIB
kronologi-fortuner-masuk-jurang-sedalam-200-meter-di-kawasan-bromo-diduga-rem-blong-4-orang-tewas
Mobil Fortuner masuk jurang di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) di Dusun Jarak Ijo, Desa Ngadas, Kecamatan Poncokusumo, Senin (13/5/2024). (Sumber: Kompas.com/Imron Hakiki)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Desy Afrianti

MALANG, KOMPAS.TV - Mobil Toyota Fortuner berisikan sembilan orang mengalami kecelakaan dan terperosok ke jurang di kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS) di Dusun Jarak Ijo, Desa Ngadas, Kecamatan Poncokusumo, Senin (13/5/2024) sekitar pukul 18.30 WIB.

Petugas Balai Besar TNBTS Pos Coban Trisula, Karwanto, membenarkan kejadian tersebut. Ia menyebut, mobil Fortuner itu jatuh ke jurang yang berada di sisi jalan sedalam 200 meter.

“Mobil tersebut dari arah Lumajang menuju Malang,” kata Karwanto, Senin.

Baca Juga: Kisah Pelajar Korban Tewas Kecelakaan Subang, Kerja Jadi Kuli Angkut Pasir Demi Bisa Ikut Perpisahan

Insiden ini diketahui ketika ada mobil warga setempat yang melintas di sekitar tempat kejadian perkara (TKP) dan menemukan ada salah satu korban yang terletak di tengah jalan dan ada pecahan mobil yang tercecer.

"Pasca-itu, warga setempat ini melapor ke kami. Kemudian kami membantu evakuasi hingga selesai sekitar pukul 22.00 WIB," ucap Karwanto.

Kasatlantas Polres Malang AKP Adis Dani Garta menjelaskan bahwa rombongan mobil Fortuner bernopol B 1683 TJG tersebut baru saja pulang dari mengantar pengantin di Kabupaten Lumajang dan hendak pulang ke arah Kecamatan Gondanglegi, Kabupaten Malang.

Adis mengatakan bahwa dugaan sementara penyebab kecelakaan adalah rem blong.

“Kemungkinan saat sampai di TKP rem mobil tersebut blong karena medan jalan menurun, tapi hal ini perlu kami selidiki lebih lanjut,” ungkap Adis, seperti dilansir dari Kompas.com.

Ia menambahkan bahwa mobil masih berada di jurang dan akan dievakuasi Selasa (14/5/2024) siang nanti.

Dalam kejadian ini sebanyak empat orang tewas, di antaranya Imriti Yasin Tahbani (51), warga Kota Surabaya, selaku pengemudi. Ia mengalami luka di kepala dan meninggal dunia dalam perjalanan ke rumah sakit.

Baca Juga: Detik-detik Mobil Fortuner Pelat Polri Tabrak Mikrobus di Tol MBZ

Lalu, Moch Mushili Irvani (33) warga Kabupaten Malang mengalami luka di kepala dan meninggal di tempat, Tutik Kuntiarini (51) warga Kabupaten Malang luka di kepala dan meninggal di tempat, dan Sulimah (57) warga Kabupaten Malang mengalami luka di kepala dan meninggal dalam perjalanan ke rumah sakit.

Sementara itu, lima orang lainnya mengalami luka-luka, di antaranya Siti Aminah (30), Fatin (33), Nafla Syakira, Naila Salsabila (6), dan Rafif Afkari (7).

Mereka telah dievakuasi ke Rumah Sakit Sumber Sentosa dan diketahui mengalami luka di wajah hingga punggung serta patah tulang kaki kanan.




Sumber : Kompas.com




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x