Kompas TV regional jabodetabek

Berlaku 1 Desember, Cek Promo LRT Jabodebek untuk Libur Natal dan Tahun Baru

Kompas.tv - 1 Desember 2023, 13:25 WIB
berlaku-1-desember-cek-promo-lrt-jabodebek-untuk-libur-natal-dan-tahun-baru
Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan menggandeng Systra, konsultan internasional untuk menelusuri kendala pada bagian roda yang dialami oleh LRT Jabodebek. (Sumber: kai.id)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan telah mengimplementasikan tarif promo baru untuk LRT Jabodebek, efektif mulai hari ini, Jumat (1/12/2023). 

Tujuan dari tarif promo ini adalah untuk mendorong masyarakat memanfaatkan LRT Jabodebek sebagai transportasi selama libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024.

Baca Juga: Teks Khutbah Jumat 1 Desember 2023 Lengkap dengan Doanya dari Kemenag

Direktur Jenderal Perkeretaapian, Risal Wasal, menyatakan bahwa inisiatif ini diharapkan dapat mengurangi kemacetan jalan selama periode libur.

"Mobilitas masyarakat pada masa libur kali ini diprediksi cukup tinggi sehingga kami berharap LRT Jabodebek ini dapat dimanfaatkan dengan maksimal untuk mengurangi kemacetan di jalan," ujar Risal dikutip dari Kompas.com, Jumat (1/12/2023).

Baca Juga: Dapat Diskon 20 Persen, Begini Cara Daftar Tiket Kereta Tarif Reduksi untuk Lansia

DJKA juga akan menambah jumlah rangkaian kereta LRT Jabodebek dari 12 menjadi 16 rangkaian per 1 Desember 2023. Penambahan ini bertujuan untuk mempersingkat waktu tunggu menjadi 7-15 menit dan mengantisipasi lonjakan penumpang selama musim libur.

"Penambahan rangkaian ini dimaksudkan agar waktu tunggu (headway) dapat dipersingkat," kata Risal.

Tarif Promo LRT Jabodebek

Hari Kerja (Senin-Jumat)

  • Jam sibuk (06.00-08.59 WIB dan 16.00-18.59 WIB): Rp 3.000 untuk 1 Km pertama, kemudian Rp 700 per Km selanjutnya, dengan tarif maksimal Rp 20.000.
  • Di luar jam sibuk: Rp 3.000 untuk 1 Km pertama, kemudian Rp 700 per Km selanjutnya, dengan tarif maksimal Rp 10.000.

Baca Juga: Resmi, Ini Rincian Tarif Listrik Mulai 1 Desember 2023

Sabtu, Minggu, dan Libur Nasional

  • Tarif sama dengan di luar jam sibuk pada hari kerja, yaitu Rp 3.000 untuk 1 Km pertama dan Rp 700 per Km selanjutnya, dengan tarif maksimal Rp 10.000.

Dengan tarif baru dan penambahan rangkaian kereta, Risal Wasal berharap LRT Jabodebek akan menjadi moda transportasi pilihan bagi masyarakat selama libur dan untuk kegiatan sehari-hari. Keandalan dan kenyamanan LRT Jabodebek diharapkan dapat mendorong masyarakat untuk beralih ke transportasi publik ini.

"Kami pastikan LRT Jabodebek siap melayani masyarakat dengan prima sehingga masyarakat dapat beralih menggunakan moda transportasi ini," ujarnya.

Baca Juga: Tarif Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi Naik Mulai Hari Ini



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x