Kompas TV regional jawa tengah dan diy

Menikmati Hangatnya Kue Apem Jadul Jatinom

Kompas.tv - 24 Juli 2023, 16:19 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

KLATEN, KOMPAS.TV - Kue apem identik dengan tradisi tahunan sebaran apem setiap bulan Sapar di Kecamatan Jatinom, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Kue yang biasanya muncul setahun sekali ini, kini bisa dinikmati kapan saja.

Di Jalan Raya Jatinom-Boyolali, sejumlah warung berjejer menawarkan kue apem. Pemilik salah satu warung kue apem adalah Sri Ngatini dan anaknya Hani Yuniastuti.

Kue apem bisa dibeli dalam kondisi hangat dengan beberapa variasi rasa mulai dari rasa original, durian, nangka, dan cokelat. Kue apem ini dijual Rp 1.500 per biji.

Apem Jatinom adalah makanan yang terbuat dari tepung beras, tepung terigu, telur, gula, dan santan. Dalam sehari warung ini menghabiskan lima kilogram tepung. Di akhir pekan jumlahnya bertambah menjadi tujuh kilogram. Selain warga Kabupaten Klaten, pembeli apem Jatinom berasal dari Semarang, Solo, Wonogiri, dan juga Yogyakarta.

“Kue apem bahannya dari tepung beras, tepung terigu, gula, telur, susu, kelapa. Variannya ada cokelat, vanila, original. Harga satu bijinya Rp 1.500, kalau Rp 15.000 isinya 10. Pembelinya ada dari Jogja, Semarang, Boyolali, Salatiga, Wonogiri,” jelas Hani Yuniastuti, penjual kue apem Jatinom.

“Teksturnya pas, tidak terlalu keras, tidak terlalu lembek juga. Terus kan ini juga ada varian nangka, jadi harum nangkanya sama rasa nangkanya itu, aftertaste-nya masih berasa, tidak pelit nangkanya. Yang paling disukai yang nangka karena rasanya tidak terlalu manis, ada rasa nangkanya, harumnya, terus ini juga jajanannya pakai daun, jadi ada bau-bau daunnya. Belinya biasanya buat cemilan nemenin kerja, buat oleh-oleh juga, buat teman-teman yang dari luar kota biasanya,” ungkap Anastasia Murni, pembeli kue apem.

Pedagang kue apem di Jalan Raya Jatinom-Boyolali muncul sejak tradisi saparan setahun yang lalu. Setelah perayaan tradisi selesai, ternyata banyak warga yang mencari kue apem. Kesempatan ini dimanfaatkan warga dengan membuka warung kue apem.

Tradisi saparan di Kecamatan Jatinom, Kabupaten Klaten digelar setiap bulan sapar dalam penanggalan Islam dengan membagikan kue apem kepada setiap warga yang hadir.

#kueapem #jatinom #klaten




Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x