Kompas TV regional bali nusa tenggara

Festival Ogoh - Ogoh Dresta Lango Superstar GWK 2023

Kompas.tv - 28 Maret 2023, 14:00 WIB
festival-ogoh-ogoh-dresta-lango-superstar-gwk-2023
Foto : Salah satu penampilan peserta Festival Ogoh-Ogoh GWK (Sumber: Kompas TV Dewata)
Penulis : KompasTV Dewata

 

BADUNG, KOMPAS TV -  Ogoh – Ogoh merupakan karya seni patung dalam kebudayaan Bali menjadi salah satu ciri khas karya seni masyarakat di Bali yang terus menerus dilestarikan. Sebagai ikon destinasi wisata seni dan budaya nomor satu di Bali, Garuda Wisnu Kencana membuktikan secara nyata dukungannya dalam pelestarian karya seni dan Budaya Bali dengan mengadakan event Festival Ogoh – Ogoh secara berkesinambungan di setiap tahunnya.

Tahun ini Garuda Wisnu Kencana Cultural Park kembali menggelar event tahunan Ogoh – Ogoh dengan mengusung tema "Festival Ogoh - Ogoh Dresta Lango Superstar GWK 2023". Festival Ogoh – Ogoh kali ini bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Badung dan Dinas Kebudayaan Kabupaten Badung dan melibatkan ribuan seniman Ogoh – Ogoh dari sekeha teruna se-kabupaten Badung.

Dalam Festival Dresta Lango Ogoh – Ogoh yang dilombakan kemarin, 26 Maret 2023 di GWK Cultural Park, melibatkan ribuan penari penabuh dan juga dihadiri oleh Sekda Badung, Bapak I Wayan Adi Arnawa, SH, Kadisbud Badung, Bapak Drs. I GD. Eka Sudarwitha, S.Sos,. M.Si, Camat Abiansemal, Bapak Ida Bagus Putu Mas Arimbawa, S.Sos, Camat Mengwi, Bapak I Nyoman Suhartana, S.STP., MM.

Foto : Sekda Badung ( i Wayan Adi Arnawa, SH), Kadisbud Badung (Drs. I Gd Eka Sudarwitha S.Sos., M.Si), Camat Abiansemal (Ida Bagus Putu Arimbawa, S.Sos), Camat Mengwi ( I Nyoman Suhartana, S.STP., MM) dan Operational Director GWK (Stefanus Yonathan Astayasa) berfoto bersama jelang Festival Ogoh-Ogoh GWK di GWK Cultural Park, Ungasan, Badung (Sumber: Kompas TV Dewata)

 Kemeriahan acara Lomba kemarin pun ditutup dengan pengumuman Lomba yang dimenangkan oleh ST. Widya Dharma, Br. Tengah Pecatu (Juara 1 ), ST. Tunas Remaja, Br. Umahanyar, Penarungan (Juara 2 ), ST. Dipa Bhuana Chanti, Br. Basangkasa Kerobokan (Juara 3)  dan  ST. Eka Karma, Br. Pemamoran (Juara Favorit).

Foro : Para Juara Festival Ogoh-Ogoh GWK (Sumber: Kompas TV Dewata)

Kuta Event spektakuler ini tidak berhenti sampai disini saja. GWK pun akan akan menyajikan Pameran Ogoh – Ogoh yang dipastikan akan menjadi daya tarik tersendiri bagi Wisatawan. Dalam Pameran Ogoh – Ogoh ini menampilkan 10 karya seni Ogoh – Ogoh dari 10 besar pemenang lomba Ogoh – Ogoh Dresta Lango kabupaten Badung tahun 2023. Pameran Ogoh – Ogoh ini akan dilaksanakan di area Lotus Pond kawasan Garuda Wisnu Kencana dan akan berlangsung mulai tanggal 27 Maret – 23 April 2023. Tujuannya agar karya seni Ogoh – Ogoh ini bisa diperkenalkan dan dinikmati oleh seluruh pengunjung Garuda Wisnu Kencana Cultural Park.

Sebagai acara penutupan pada tanggal 23 April 2023, akan diadakan pagelaran kolosal Ogoh – Ogoh yang akan melibatkan ratusan seniman muda dari Sekeha Teruna di seluruh Bali yang akan dilaksanakan di area Festival Park – Kawasan Garuda Wisnu Kencana Cultural Park.

Tentang Garuda Wisnu Kencana Cultural Park

Garuda Wisnu Kencana (GWK) Cultural Park merupakan sebuah wisata taman budaya seluas ± 60ha yang terletak di Ungasan, Kabupaten Badung, sekitar 10-15 menit dari Bandara Internasional Ngurah Rai. Sejak tahun 2012, dibawah manajemen PT Alam Sutera Realty Tbk, GWK hadir dengan berbagai peremajaan fasilitas. Pembenahan sarana dan prasarana di kawasan utama GWK Cultural Park seperti di Plaza Wisnu, Lotus Pond, Festival Park, Amphitheater, Taman Indraloka, Tirta Agung dan lain sebagainya dilakukan untuk meningkatkan kenyamanan pengunjung.

Pada tahun 2018 Patung GWK yang menjadi ikon Indonesia diresmikan oleh Bpk Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo. Kawasan GWK Cultural Park terdiri dari beberapa venue antara lain Plaza Wisnu, Lotus Pond, Festival Park yang memiliki luas area hingga 5.000 meter persegi dan kerap menjadi venue pelaksanaan event besar berskala nasional maupun internasional. Amphitheater yang menjadi venue pertunjukan seni dan budaya memiliki daya tampung hingga 500 tempat duduk. Sebagai salah satu destinasi pariwisata abad ke-21, GWK saat ini berkembang menjadi taman budaya yang menyuguhkan berbagai acara yang meliputi pertunjukkan budaya, atraksi hiburan, beragam karya seni patung juga dan juga seni lansekap tebing-tebing kapur yang unik. Selain itu GWK juga menawarkan destinasi wisata kuliner dengan pesona Bukit Ungasan di Jendela Bali dan Beranda Resto. Bermacam cinderamata unik dan menarik tersedia di Kencana Souvenir.

 

 

Untuk Informasi lebih lanjut, silakan menghubungi:

 Guest & Public Relation Department - GWK Cultural Park

Jalan Raya Uluwatu, Ungasan, Kuta – Bali

Telepon: (0361) – 700808 ext. 8115

Email: [email protected] www.gwkbali.com



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x