Kompas TV regional berita daerah
advertorial

Kakanwil Kemenkumham Sumsel Minta Kalapas/Karutan di Sumsel Perketat Pengamanan Saat Ramadhan

Kompas.tv - 25 Maret 2023, 14:22 WIB
kakanwil-kemenkumham-sumsel-minta-kalapas-karutan-di-sumsel-perketat-pengamanan-saat-ramadhan
Kakanwil Kemenkumham Sumsel, Ilham Djaya menilai perlu dilakukan peningkatan pengamanan untuk mencegah gangguan keamanan dan ketertiban guna menciptakan situasi kondusif di Lapas, LPKA, dan Rutan yang ada di Sumatera Selatan selama bulan Ramadhan. (Sumber: Humas Kanwil Kemenkumham Sumsel)
Penulis : KompasTV Palembang

PALEMBANG, KOMPAS.TV - Memasuki bulan suci ramadhan 1444 Hijriah ditahun 2023 ini, Kakanwil Kemenkumham Sumsel, Ilham Djaya menginstruksikan kepada Kepala Lapas, LPKA, dan Rutan yang ada di Sumatera Selatan untuk memperketat pengamanan.

“Karena selama Ramadhan para warga binaan lebih banyak kegiatan pada malam hari. Sehingga perlu dilakukan peningkatan pengamanan untuk mencegah gangguan keamanan dan ketertiban guna menciptakan situasi kondusif”, kata Kakanwil Ilham Djaya, Sabtu (25/3/2023)

Munurut Kakanwil Kemenkumham Sumsel, Ilham Djaya, di bulan Ramadhan terdapat beberapa kegiatan yang rawan dan perlu perhatian khusus seperti pelaksanaan sholat tarawih berjamaah, kegiatan amaliah Ramadhan, pendistribusian makanan sahur dan buka pun menjadi fokus pihaknya.

“Sehingga perlu peningkatan pengawasan dengan cara meningkatkan kewaspadaan dan penambahan jumlah personil pengamanan”, ungkapnya.

Selain itu, Kakanwil Ilham Djaya juga meminta jajaran Pemasyarakatan melakukan sosialiasi tata cara pengiriman makanan dan kunjungan kepada keluarga WBP pada bulan Ramadhan ini. Diharapkan pelayanan kunjungan dan pengiriman makanan dapat tertib dan aman.

Kakanwil Ilham Djaya juga minta lakukan optimalisasi kegiatan Satuan Operasional Kepatuhan Internal Pemasyarakatan (Satops Patnal PAS) untuk memastikan seluruh petugas melaksanakan SOP dan tidak melakukan penyalahgunaan wewenang.

“Kita minta agar Lapas dan Rutan terus lakukan deteksi dini terhadap potensi kerawanan gangguan keamanan dan ketertiban, terutama dalam upaya pencegahan masuknya handphone, narkoba dan barang terlarang lainnya”, kata Ilham.

Disamping itu, Ilham Djaya meminta Kalapas, Karutan, Ka. LPKA agar melakukan koordinasi dengan Polri dan TNI untuk membantu pelaksanaan kegiatan pengamanan selama Bulan Ramadhan tahun ini.

“Laporkan dengan seketika apabila terjadi gangguan yang mengancam keamanan, ketertiban dan keselamatan Petugas, Narapidana, Tahanan dan Anak kepada pimpinan”, pungkas pria yang disapa Ilham itu.




Sumber : Kompas TV Palembang




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x