Kompas TV regional berita daerah

Bupati Karangasem Resmikan Faktur Digital MBLB

Kompas.tv - 16 Februari 2023, 10:17 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

 

KARANGASEM, KOMPAS TV - Pemkab Karangasem di bawah kepemimpinannya Bupati Karangasem I Gede Dana, meluncurkan berbagai  inovasi, untuk bisa mencegah terjadinya kebocoran terhadap Pemasukan Asli Daerah atau PAD, utamanya dari sektor pajak Mineral Bukan Logam Dan Batuan MBLB atau Galian C.

Untuk itu, Selasa (14/2) pagi, bupati kelahiran Desa Datah, Kecamatan Abang, ini secara resmi melaunching pos Faktur Digital MBLB di Desa Nongan, Kecamatan Rendang, Kabupaten Karangasem, Bali.

Dengan menggandeng Bank Indonesia, nantinya pos faktur digital ini akan berfungsi bagi truk yang mengakut material Galian C yang ada di Kecamatan Selat dan Kecamatan Rendang.

Bupati Karangasem I Gede Dana dalam kesempatan itu menyampaikan pajak MBLB merupakan potensi terbesar di Kabupaten Karangasem dengan realisasi pada tahun 2022 mencapai sejumlah 96,4 milyar atau 32 persen dari total pad Rp. 301,3 milyar.

Dimana pajak MBLB mengalami peningkatan 134,6 persen realisasi menjadi 50,9 milyar di tahun 2021 dan kembali meningkat pada tahun 2022 dengan realisasi sebesar 96,4 milyar.

Sehingga diharapkan dengan adanya pos faktur digital, kebocoran bisa dikendalikan. Untuk saat ini baru 2 pos yang dibangun. Rencananya akan dibangun 3 pos lagi.

Dalam peresmian tersebut hadir Ketua DPRD Karangasem - I Wayan Suastika, Sekda Karangasem - I Ketut Sedana Merta, perwakilan Bank Indonesia Bali - Trisno Nugroho, serta Dirut Bank BPD Bali - I Nyoman Sudarma.

 

 

 

 

 

#fakturdigitalMBLB   #galianC  #karangasem




Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x