Kompas TV regional sosial

Tidak Ada Penambahan Kapal Antarpulau di Kepri, Pelayanan Dimaksimalkan hingga Malam Hari

Kompas.tv - 18 Desember 2022, 10:03 WIB
tidak-ada-penambahan-kapal-antarpulau-di-kepri-pelayanan-dimaksimalkan-hingga-malam-hari
Ilustrasi. Jelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2023,  tidak ada jadwal penambahan kapal untuk penyeberangan antarpulau yang ada di Kepulauan Riau (Kepri). (Sumber: Dok. ASDP Indonesia Ferry)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Purwanto

BATAM, KOMPAS.TV  – Menjelang libur Hari Natal dan Tahun Baru 2023, Dinas Perhubungan Kepulauan Riau akan menjadwalkan operasional kapal penyeberangan antarpulau di wilayah tersebut hingga malam hari. 

“Hingga saat ini tidak ada penambahan kapal, makanya pelayanan dimaksimalkan hingga malam hari,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kepulauan Riau Junaidi, Sabtu (17/12/2022) malam, dikutip dari Kompas.com.

Junaidi mengatakan operasional kapal yang hingga malam hari ini dimaksudkan untuk menampung peningkatan penumpang yang akan menyeberang sepajang libur akhir tahun. Sehingga, pelayanan terhadap masyarakat sepanjang masa libur Hari Natal dan Tahun Baru 2023 tetap maksimal.  

Menurut dia, pelayanan hingga malam hari ini berlaku untuk feri yang ada di pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang menuju Batam melalui pelabuhan Telaga Punggur.

Baca Juga: BMKG Himbau Waspada Cuaca Buruk Jelang Natal Dan Tahun Baru

Pelayanan tersebut juga berlaku bagi kapal roll on roll off (Roro) atau ASDP penyeberangan dari Tanjung Uban, Bintan menuju Batam dan sebaliknya.

“Jadi intinya pelayanan diberikan sampai tidak ada lagi penumpang di pelabuhan,” terang Junaidi.

Meski pelayanan hingga malam hari, Dinas Perhubungan minta pelaku jasa transportasi laut tetap memaksimalkan layanan dengan menerapkan waktu berlayar sesuai jadwal harian.

“Jadi, waktu kapal berangkat setengah jam sekali atau satu jam sekali,” kata Junaidi. “Tidak ada lagi kapal (menunggu) penuh. Kapal langsung berangkat, makanya pelayanannya sampai malam hari, sampai penumpang bener-bener tidak ada lagi di pelabuhan,” papar Junaidi.

Junaidi menjelaskan penumpang kapal antarprovinsi akan dilayani kapal dari PT Pelni.

PT Pelni hanya mengerahkan dua kapal penumpang tujuan Batam-Belawan, Sumatera Utara dan Batam-Tanjung Priok, Jakarta.

Satu kapal lainnya melayani rute Pelabuhan Kijang, Bintan menuju ke pelabuhan Tanjung Periok Jakarta hingga ke Nusa Tenggara Timur.

Baca Juga: Menko PMK: Tak Ada Pembatasan pada Perayaan Natal dan Tahun Baru 2023!

“Kapal Pelni yang di Batam dilayani dengan Kapal Dorolonda yang berlayar pada 19 Desember 2022.”

“Sedangkan yang di Pelabuhan Kijang Bintan dengan kapal Omsini yang telah berangkat sejak 13 Desember 2022 kemarin,” tutur Junaidi.
 

 



Sumber : Kompas.com



BERITA LAINNYA


Opini

Anima Mundi

8 Juli 2024, 23:00 WIB

Close Ads x