Kompas TV regional berita daerah

Warga Sulut Diimbau Waspada Scam Online

Kompas.tv - 14 November 2022, 12:15 WIB
Penulis : KompasTV Manado

MANADO, KOMPAS.TV- Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Manado Muhammad Akmal menghimbau warga Sulawesi Utara untuk waspada terhadap ajakan pekerjaan di luar negeri via online atau scam online, karena hal tersebut sudah memakan korban ratusan warga di Indonesia.

Sebanyak 934 warga negara Indonesia yang adalah pekerja migran Indonesia atau PMI, tercatat mengalami scam online atau penipuan secara online oleh pihak kedua yang tersebar di beberapa negara Asean, seperti Kamboja, Myanma, Filipina hingga Laos.

Penipuan terhadap para Pekerja Migran Indonesia ini dilakukan oleh perusahaan online scam, yang melakukan perekrutan pekerja di luar prosedur yang legal atau inprosedural, sehingga para pekerja tersebut harus dipulangkan kembali ke Indonesia.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Manado Muhamad Akmal menjelaskan bahwa hal ini sedang marak terjadi dan menghimbau warga Sulut agar berhati-hati dan tidak terbujuk dengan ajakkan bekerja di luar negeri jika tanpa prosedur yang benar dan legal.

Dihimbau juga kepada warga Indonesia dan Sulut pada khususnya, untuk menandatangani kolom tanda tangan di halaman terakhir paspor, agar status paspor tersebut sah secara hukum dan bisa diterima masuk ke negara-negara tujuan.

#kompastvmanado #imigrasimanado #scamonline

Edward Siwi Jimmy Dapar Kompas tv Manado

 

Saksikan Siaran Kompastv :                   

Chanel 46 UHF

Fb : Kompastv Manado

Yt : Kompastv Manado

Alamat Studio Kompastv Manado

Jl.Anugerah No.08 Kelurahan Winangun

Kecamatan Malalayang, Kota Manado

Sulawesi Utara




Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x