Kompas TV regional berita daerah

Sate Kambing Raksasa 30CM

Kompas.tv - 24 Desember 2021, 20:25 WIB
Penulis : KompasTV Sukabumi


SUKABUMI.KOMPAS.TV - Pecinta sate daging pasti puas dengan sate daging besar dengan sepanjang 30 centimeter di sini. Berupa daging domba yang disiram bumbu rempah perpaduan tradisional dan Timur Tengah.

Tidak salah jika Deni sang pemilik tempat makan ini menamai satenya dengan nama sate raksasa. Deni yang juga berlatar belakang pecinta sate ini, mengaku sengaja berkreasi dengan sate berukuran besar. Berawal dari menu sate yang kebanyakan ia temukan begitu-begitu saja.

Menurut Deni sate buatan sang koki terdiri dari daging polosan tanpa lemak. Menurutnya terkadang para penikmat sate kurang menyukai campuran daging dan lemak. Pada akhirnya lemak yang ada dalam tusukan terbuang sia-sia.

Deni tak pelit berbagi resep dan ramuan menu yang disajikan tempat makannya. Ia menjamin semua daging sate yang disajikan tidak berbau prengus kambing atau domba. Ia menggunakan daun pepaya yang digunakan untuk membalut daging sebelum disantap para pengunjung.

"Ramuan daging, yang mungkin bagi yang lain dirahasiakan kalau di kita enggak, pertama kita sembelih dengan halal dan si daging kambing itu kita padukan dengan daun pepaya, jadi satu kambing utuh kita bungkus setelah disembelih itu. Lalu kita diamkan selama dua jam setelah itu baru kita recah atau potong kemudian kita tusuk agar daging empuk dan bau domba atau lambingnya hilang, makanya banyak konsumen yang bertanya kok enggak ada bau dombanya dan itu kelebihan resepnya itu kebetulan teori dari orang tua yang saya praktikan," beber Deni.

Soal bumbu, Deni menjelaksan bahwa semua bumbu yang disajikan merupakan campuran tradisional dan Timur Tengah. Rasa rempah yang dioleskan ke daging saat pembakaran tercecap kuat. Selain itu menu seperti tongseng dan sup juga diwarnai perpaduan dua bumbu tersebut.

"Ciri khas kami ada koki yang belasan tahun bekerja di Timur Tengah makanya kita padukan dengan khas Sunda, ada juga yang full tradisional tergantung permintaan pengunjung. Untuk bumbu tradisional-Timur Tengah yang kita padukan seperti tongsesng dan bumbu sop kita pakai lagi campuran rempah dan bikin hangat ke badan," ungkap Deni.

Bagi yang penasaran dengan Sate Kambing Raksasa Sauqi 99, tempat makan ini berlokasi di Jalan Siliwangi No 6, Kelurahan/Kecamatan Cikole Kota Sukabumi.




Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x