Kompas TV regional berita daerah

Parbrik Kaca Terbesar se-Asia Tenggara Telah Meletakkan Batu Pertamanya di Batang

Kompas.tv - 21 Mei 2021, 08:26 WIB
parbrik-kaca-terbesar-se-asia-tenggara-telah-meletakkan-batu-pertamanya-di-batang
Pada Kamis (20/5/2021), KCC Glasses melakukan groundbreaking pabriknya di Kawasan Industri Batang (Sumber: Doc. Humas Pemprov Jateng)
Penulis : Hedi Basri | Editor : Iman Firdaus

BATANG, KOMPAS.TV - Perusahaan besar asal Korea Selatan, KCC Glass, telah melakukan groundbreaking pabriknya di Kawasan Industri Terpadu Batang, Jawa Tengah, Kamis (20/5/2021).

Perusahan tersebut digadang-gadang menjadi perusahaan kaca terbesar se-Asia Tenggara.

Acara peletakan batu pertama itu dipimpin langsung oleh Menteri Investasi/Kepala BKPM, Bahlil Lahadalia dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. 

Hadir juga Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia, HE Mr Park Tae Sung dan CEO KCC Glass Mr Nae Hoan Kim.

Baca Juga: Jokowi Tinjau Kawasan Industri Batang, Lokasi Industri Kaca Terbesar Se-ASEAN

“Saya tentu mengucapkan terima kasih pada semua pihak. Ini adalah kolaborasi yang baik antara pemerintah pusat, daerah, dan pihak lain, termasuk PTPN yang berperan besar di sini,” kata Gubernur Ganjar melalui keterang tertulisnya, Kamis.

Dibangunnya pabrik pertama di kawasan Industri Batang, lanjut Ganjar, menjadi awal yang baik bagi pertumbuhan ekonomi di Jawa Tengah. 

Apalagi, tambahnya, industri Batang merupakan kawasan yang strategis dan dibangun hanya membutuhkan waktu tak lebih dari setahun. Hanya sembilan bulan.

“Sejak awal dibahas sampai sekarang, ini baru sembilan bulan. Hari ini, lahir pertama pabrik di sini yakni KCC Glass. Setelah ini, tentu akan banyak perusahaan besar berkelas internasional yang akan menyusul,” terangnya.

Baca Juga: Ganjar Bahas Investasi Baterai dan Kaca bersama Dubes Korea Selatan

Selain KCC Glass, kata Ganjar, ada juga ada perusahaan besar lainnya, yakni Nestle, yang masuk di Batang. 

Ganjar juga mengungkapkan bahwa dalam waktu dekat, ada perusahaan elektronik besar yang juga segera membangun pabriknya di kawasan Industri Batang, yakni LG.

“Kemarin saya sudah bertemu Pak Dubes Korea Selatan untuk Indonesia dan membahas untuk pengembangan kerja sama. Beliau siap membantu promosi kawasan industri Batang ke para investor Korea Selatan," jelas Ganjar. 

Ke depan, Ganjar melanjutkan, akan kami tingkatkan kerja sama di bidang investasi baterai, smart farming, dan ekonomi kreatif.

Baca Juga: Tinjau Kawasan Industri Batang, Jokowi: Akan ada Industri Kaca Terbesar di Asia Tenggara di Batang
 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x