Kompas TV regional viral

Viral Foto Gibran Duduk di Posisi yang Lebih Tinggi dari Menteri Basuki, Ini Penjelasannya

Kompas.tv - 29 Maret 2021, 18:24 WIB
viral-foto-gibran-duduk-di-posisi-yang-lebih-tinggi-dari-menteri-basuki-ini-penjelasannya
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono bersama Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka saat mengunjungi Taman Balekambang Solo, Jawa Tengah, Sabtu (27/3/2021). (Sumber: KOMPAS.com/LABIB ZAMANI)
Penulis : Ahmad Zuhad | Editor : Eddward S Kennedy

KOMPAS.TV - Sebuah foto viral di media sosial menampilkan Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, duduk di meja atau tempat yang lebih tinggi dari Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono.

Baik Gibran maupun pemilik rumah tempat meja itu berada memberi penjelasan soal posisi duduk putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu.

Pemilik rumah yang juga Guru Besar Institut Kesenian Jakarta (IKJ), Sardono W Kusumo menjelaskan, Gibran tidak menduduki meja, melainkan kursi penonton.

Baca Juga: Gibran Ditemui Sekjen Gerindra, Tepis Bahas DKI 1

"Itu tempat duduk penonton untuk acara pertunjukan seni. Justru tempat duduk di bawah itu biasa dipakai tamu undangan,” terang Sardono.

Sardono menceritakan, mulanya Gibran ingin duduk di kursi yang tingginya sama dengan Menteri Basuki. Namun, Basuki meminta Gibran duduk di kursi yang lebih tinggi.

"Awalnya Mas Gibran mau duduk di samping Pak Basuki. Sama Pak Basuki diminta duduk di atas karena kita mau diskusi," tambah Sardono.

Gibran juga menyampaikan hal serupa saat bertemu wartawan dalam agenda peninjauan Lapangan Latihan Piala Dunia U-23, Senin (29/3/2021).

“Kan sudah dijelaskan sama yang punya rumah. Itu bukan meja tapi kursi yang kayak tribun itu lho," ujar Gibran.

Baca Juga: Jokowi Perintahkan Menteri PUPR Bantu Gibran Garap Pusat Kebudayaan Jawa di Solo

Ia pun menyebut Menteri Basuki memintanya untuk duduk di tempat yang lebih tinggi untuk memudahkan diskusi di antara mereka dan Sardono.

“Pak Basuki minta saya duduk di situ karena memang lagi diskusi, jadi biar posisinya berhadap-hadapan,” jelas Gibran.

Foto Gibran duduk di tempat yang lebih tinggi itu viral di media sosial setelah ekonom Rizal Ramli ikut mengomentari hal itu.

“Sejak kapan Mas Basuki @KementrianPU jadi bawahan Walikota? kopas: Menteri PUPR Kunker Ke Solo Gibran Duduk Di Meja, Basuki Duduk Di Kursi” cuit Rizal dalam akun Twitter @RizalRamli, Minggu (28/3/2021).

Warganet ramai mempermasalahkan Gibran yang seakan tidak menghormati Basuki yang lebih tua.

Baca Juga: Politisi Silih Berganti Temui Gibran, Ada Cak Imin Hingga Fahri Hamzah, Ada Apa?

Saat itu, Gibran sedang meninjau kawasan Gatot Subroto bersama Basuki terkait rencana membangun tempat wisata seperti Malioboro di Solo. Keduanya sempat mempir di MasDon Art Center milik Sardono.

Di tempat seni milik Sardono itulah Gibran terlihat duduk di depan Basuki.

Belakangan, Gibran terus menjadi sorotan. Beberapa petinggi partai juga kerap menemui kakak Kaesang Pangarep itu, mulai Fahri Hamzah hingga Muhaimin Iskandar.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x