Kompas TV regional berita daerah

Es Krim Sayur Jadi Solusi untuk Anak Susah Makan, Intip Cara Bikinnya

Kompas.tv - 8 Februari 2021, 17:34 WIB
es-krim-sayur-jadi-solusi-untuk-anak-susah-makan-intip-cara-bikinnya
Es krim sayur bisa jadi solusi untuk orangtua yang memiliki anak susah makan. (Sumber: istimewa)
Penulis : Switzy Sabandar

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV- Es krim sayur bisa jadi solusi untuk orangtua yang memiliki anak susah makan. Cara pembuatan es krim sayur juga terbilang mudah dan dijamin anak-anak yang sudah makan akan lebih mudah menerima asupan nutrisi yang satu ini.

Sayuran yang menjadi bahan utama es krim disesuaikan dengan keinginan. Misal, sawi, bayam, bayam ungu, tomat, lobak, dan sebagainya.

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat es krim sayur adalah 100 mililiter susu low fat atau rendah lemah, seperempat sendok makan gula pasir, satu sachet susu kental manis, sayuran yang diinginkan, dan sedikit garam.

Baca Juga: Usaha Es Krim Sehat Hasilkan Omset Belasan Juta

Pertama, seluruh bahan dihaluskan dengan menggunakan blender. Kemudian, tuang ke dalam tempat adonan dan masukkan ke dalam mesin pendingin atau freezer. Setelah mengeras, adonan ditusuk-tusuk menggunakan garpu atau sendok sampai hancur.

Lalu haluskan kembali adonan sayur es krim dengan blender kecepatan tinggi. Simpan kembali ke dalam freezer. Tunggu sampai beku dan es krim sayur siap dikonsumsi.

Es krim sayur merupakan inovasi sekelompok mahasiswa UNY. Mereka adalah Marliyoda Aji Pangestu prodi Teknologi Pendidikan, Muhammad Dimas Hendrawan prodi Akuntansi, dan Rosyid Fuadi prodi Tata Boga.

Baca Juga: Warga Kediri Raup Omzet Rp 15 Juta dengan Berjualan Es Krim Sehat

“Es krim sayur ini cocok untuk anak yang susah makan sayuran,” ujar Marliyoda, Senin (8/2/2021).

Es krim ini bisa menjadi inovasi untuk anak-anak susah makan karena harganya murah dan pembuatannya mudah. Es krim sayur juga kaya kalsium, nutrisi, vitamin, gizi, serta rendah lemak sehingga bisa meningkatkan kekebalan tubuh anak.



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x