Kompas TV pendidikan kampus

Di Peringatan Hapernas 2024, UMJ Resmi Terima Pengelolaan Rusunawa dari Kementerian PUPR

Kompas.tv - 19 Agustus 2024, 01:37 WIB
di-peringatan-hapernas-2024-umj-resmi-terima-pengelolaan-rusunawa-dari-kementerian-pupr
Penyerahan secara simbolis Berita Acara Serah Terima Pengelolaan Rumah Susun oleh Staff Ahli Menteri PUPR Bidang Hubungan Antar Lembaga Ir. K.M Arsyad, M.Sc, (Kiri) dan Surat Izin Penggunaan Bangunan Rumah Susun Penyerahan dari Kementerian PUPR oleh Staff Ahli Menteri PUPR Bidang Sosial Budaya dan Peran Masyarakat Ir. Abraham Elsajaya Barus, M. Eng.Sc., (Kanan) kepada Rektor UMJ Prof. Dr. Ma’mun Murod Al-Barbasy, M.Si di Ruang Serba Guna Rusunawa UMJ, Minggu (18/8/2024) (Sumber: Dok KSU Haekal Fahmi)
Penulis : Deni Muliya

JAKARTA, KOMPAS.TV – Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) menerima pengelolaan penggunaan Rumah Susun Mahasiswa (Rusunawa) dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Minggu (18/8/2024).

Prosesi penyerahan secara simbolis ditandai dengan penyerahan Berita Acara Serah Terima Pengelolaan Rumah Susun dan Surat Izin Penggunaan Bangunan Rumah Susun Penyerahan dari Kementerian PUPR kepada UMJ di Ruang Serba Guna Rusunawa UMJ.

Baca Juga: Saat Kick Off Konferensi Penyiaran Indonesia, UMJ Dorong Revisi UU Penyiaran Dilanjutkan

Rektor UMJ, Prof. Dr. Ma’mun Murod Al-Barbasy, M.Si. secara simbolis menerima Berita Acara Terima dari Staff Ahli Menteri PUPR Bidang Sosial Budaya dan Peran Masyarakat, Ir. Abraham Elsajaya Barus, M. Eng.Sc.

Pada kesempatan itu, Ma'mun juga berkesempatan berinteraksi dengan Menteri PUPR Dr. Ir. H. Mochammad Basuki Hadimoeljono, M.Sc., Ph.D., yang sedang berada di Ibu Kota Nusantra (IKN), Kalimantan Timur melalui telekonferensi.

“Terima kasih atas bantuan pembanguna Rusunawa untuk UMJ. Insyallah kami akan langsung melakukan peresmian bangunan ini kami bermaksud mengundang Pak Basuki untuk hadir,” ucap Ma’mun.

Kegiatan tersebut bersamaan dengan puncak peringatan Hari Perumahan Nasional (Hapernas) 2024 yang mengusung tema "Digitalisasi Perumahan". 

Dalam rangka Peringatan Hapernas 2024 itu juga dilakukan penanaman 16 pohon di sekitar Gedung Rusunawa UMJ.

Tidak hanya di UMJ, Kementerian PUPR juga menggelar penanaman pohon secara serentak di 16 balai penyedia perumahan yang tersebar di seluruh Indonesia. 

Rektor serta para Wakil Rektor dan jajaran pimpinan Kementeria PUPR yang hadir menanam pohon bersama didampingi oleh mahasiswa UMJ.

Pada kesempatan yang sama, Setjend PUPR Hidayat menjelaskan, pendirian ini merupakan salah satu program dari Kementerian PUPR untuk memberikan bantuan pendirian rumah susun bagi Universitas dan lembaga lainnya.

Penanaman pohon yang dilakukan dalam rangka Hapernas ini merupakan salah satu program Kementerian PUPR. 

Program tersebut dilakukan karena pendirian pembangunan bantuan rusunawa memerlukan pelestarian terhadap lingkungan sekitarnya.

"Ini tugas langsung dari Pak Menteri (Basuki) bahwa harus tetap memperhatikan lingkungan. Penanaman ini juga membantu kita untuk membantu menurunkan suhu bumi," jelasnnya.

Pada sesi lain, Staff Teknis Balai Pelaksana Penyediaan Perumahan, Nandaka Ekacarana mengatakan, UMJ terpilih menjadi salah satu penerima bantuan pembangunan rusunawa sudah melewati berbagai proses verifikasi mulai dari administrasi, tinjauan lapangan serta tujuan pendirian bangunan. 

Baca Juga: Beasiswa Kader Muhammadiyah Resmi Dibuka, Begini Cara Daftarnya

Ia berharap rusunawa ini dapat diperuntukan sesuai dengan tujuan awal pembangunan.

"Ini merupakan salah satu program kami memberikan bantuan pendirian rusunawa kepada universitas maupun lembaga dengan berbagai proses yang harus dilalui," ungkapnya usai kegiatan.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Wakil Rektor I UMJ Dr. Muhammad Hadi, S.KM., M.Kes., Wakil Rektor II UMJ Dr. Ir. Mutmainah, MM., Wakil Rektor III UMJ Dr. Rini Fatma Kartika, S.Ag., MH., Wakil Rektor IV UMJ Dr. Septa Candra, SH.MH., Staff Ahli Menteri PUPR Bidang Sosial Budaya dan Peran Masyarakat Ir. Abraham Elsajaya Barus, M. Eng.Sc., Staff Ahli Menteri PUPR Bidang Hubungan Antar Lembaga Ir. K.M Arsyad, M.Sc, dan jajaran kementerian PUPR lainnya.




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x