Kompas TV olahraga sports

Buka PEPARNAS XVII di Solo, Presiden Jokowi Punya Harapan Besar Ini bagi Atlet Difabel

Kompas.tv - 6 Oktober 2024, 21:56 WIB
buka-peparnas-xvii-di-solo-presiden-jokowi-punya-harapan-besar-ini-bagi-atlet-difabel
Presiden Joko Widodo atau Jokowi saat memberikan sambutan sekaligus membuka gelaran Pekan Paralimpiade Nasional (PEPARNAS) XVII di Stadion Manahan, Solo, Minggu (6/10/2024) malam. PEPARNAS ini berlangsung sejak hari ini hingga 13 Oktober mendatang. (Sumber: Tim Humas PEPARNAS XVII)
Penulis : Redaksi Kompas TV | Editor : Gading Persada

SOLO, KOMPAS.TV- Gelaran Pekan Paralimpiade Nasional (PEPARNAS) XVII yang berlangsung di Kota Solo dari tanggal 6 hingga 13 Oktober 2024 resmi dibuka malam ini oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Membuka pesta olahraga multieven nasional untuk atlet-atlet difabel itu, Presiden Jokowi berharap PEPARNAS menjadi panggung keseteraan.

Jokowi mengatakan, PEPARNAS XVII ini sangat spesial. Ia mengaku rela terbang dari Ibu Kota Nusantara (IKN) menuju Kota Solo demi menghadiri secara langsung Upacara Pembukaan ini dan berjumpa dengan para peserta.

Baca Juga: Jokowi Dipastikan Hadir di Pembukaan Peparnas XVII 2024 di Solo Malam Ini

"Buat saya, Pekan Paralimpiade Nasional ini spesial. Tadi siang, saya terbang dari IKN ke Solo, khusus untuk pembukaan PEPARNAS XVII, khusus untuk bertemu dengan para atlet, ofisial, dan peserta. Saya senang bertemu dengan bapak, ibu, dan saudara, malam ini,” kata Jokowi, Minggu (6/10/2024) malam di Stadion Manahan, Solo.

Ia berkomitmen untuk memberikan dukungan penuh terhadap atlet penyandang disabilitas di seluruh Indonesia. Menurut Jokowi, selain daya juangnya yang luar biasa, prestasi atlet penyandang disabilitas di Indonesia juga membanggakan.

Setidaknya, hal itu dibuktikan dengan keberhasilan kontingen Indonesia dalam mencatatkan tiga kali juara umum secara beruntun pada ajang ASEAN Para Games. Prestasi tersebut diukir pada edisi 2017, 2022, dan 2023.

PEPARNAS Jadi Panggung Kesetaraan

Presiden Jokowi berharap, perhelatan PEPARNAS XVII ini menjadi panggung kesetaraan bagi seluruh atlet penyandang disabilitas yang bakal berjuang untuk meraih prestasi terbaiknya di ajang ini.

"Oleh sebab itu, mari kita sukseskan PEPARNAS ini yang tidak hanya sebagai ajang untuk melahirkan atlet-atlet potensial dan para pencetak rekor-rekor baru, tetapi juga panggung kesetaraan bagi seluruh atlet penyandang disabilitas untuk menampilkan kemampuan terbaiknya,” ujarnya.

Selain itu, Jokowi juga menyerukan semangat persaudaraan dan sportivitas bagi seluruh atlet yang bertanding di PEPARNAS ke-17 ini. Ia turut mengapresiasi berbagai pihak yang ikut menyukseskan ajang multievent olahraga disabilitas ini.

Baca Juga: Peparnas, Transjakarta Kirim 10 Armada Bus Ramah Disabilitas

"Mari bertanding dalam suasana persaudaraan dan semangat sportivitas. Saya juga ingin mengucapkan terima kasih, untuk Pemkot Solo, masyarakat Jawa Tengah atas dukungan penyelenggaraan PEPARNAS 2024 ini,” tutupnya dalam siaran pers yang diterima Kompas.tv.

Adapun sebanyak 20 cabang olahraga yang akan digelar pada PEPARNAS XVII Solo 2024. Cabang olahraga tersebut antara lain Para Panahan, Para Atletik, Para Bulu Tangkis, Boccia, Para Catur, Para Balap Sepeda, Sepak Bola CP (Cerebral Palsy), Para Tenis Meja.

Lalu ada Judo Tunanetra, Para Angkat Berat, Para Menembak, Para Renang, Para Taekwondo, Voli Duduk, Tenpin Bowling, Anggar Kursi Roda dan Tenis Kursi Roda. Dua cabor lain, Para E-Sport dan Basket Kursi Roda berstatus ekshibisi.


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x