Kompas TV olahraga sepak bola

Resmi, Timnas Austrlia Punya Pelatih Anyar usai Graham Arnold Mundur

Kompas.tv - 24 September 2024, 19:18 WIB
resmi-timnas-austrlia-punya-pelatih-anyar-usai-graham-arnold-mundur
Federasi Sepak Bola Australia resmi menunjuk Tony Popovic sebagai pelatih kepala terbaru Socceroos pada Selasa (24/9/2024).  (Sumber: AP Photo/Lee Jin-man)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Federasi Sepak Bola Australia resmi menunjuk Tony Popovic sebagai pelatih kepala terbaru Socceroos pada Selasa (24/9/2024). 

Popovic akan menjadi pengganti Graham Arnold yang mundur setelah rentetan hasil negatif di Kualifikasi Piala Dunia 2026. 

Timnas Australia mengawali putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 dengan buruk. Bersaing di Grup C bersama Jepang, Arab Saudi, China, dan Indonesia, Socceroos gagal meraih poin dalam dua laga perdana. 

Pertama, Matt Ryan dan kawan-kawan secara mengejutkan kalah 0-1 dari Bahrain. Lalu, Australia hanya bermain imbang tanpa gol melawan Indonesia di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta. 

Kini, Negeri Kanguru itu masih tercecer di peringkat kelima Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia dengan raihan 1 poin. Mereka tertinggal 5 angka dari pemuncak klasemen Jepang. 

"Penunjukkan Tony Popovic merupakan babak baru bagi Socceroos pada fase kritis," kata Chairman Football Australia, Anter Isaac dikutip dari socceroos.com.au. 

Baca Juga: Ditahan Imbang Australia, Shin Tae-yong Puas dengan Kinerja Timnas dalam Kualifikasi Piala Dunia

"Kami bangga dan senang memiliki Tony di dalam tim dan berharap dapat mendukungnya saat dia membangun momentum dengan tim di bawah kepengurusannya. Kepemimpinannya, yang dimulai dengan segera, akan sangat penting saat kami menuju kualifikasi mendatang,” sambungnya. 

Popovic sendiri adalah pelatih lokal yang berpengalaman. Pencapaian terbaiknya adalah membawa Western Sydney Wanderers menjuarai Liga Champions Asia pada 2014 silam. 

“Saya merasa sangat terhormat diberi kesempatan untuk memimpin Socceroos sebagai pelatih kepala. Ini adalah peran yang memiliki tanggung jawab besar, dan saya sangat berterima kasih atas kesempatan ini," kata Popovic dikutip dari laman resmi FA Australia

“Tidak diragukan lagi, ini adalah momen yang sangat membanggakan bagi saya dan keluarga saya. Dipercaya untuk membimbing tim nasional kita adalah sebuah kehormatan yang tidak saya anggap enteng."

Baca Juga: Jadwal Timnas Indonesia U20 di Kualifikasi Piala Asia U20 2025, Dibuka Lawan Maladewa

“Saya sepenuhnya memahami beratnya tanggung jawab dan ekspektasi tinggi yang menyertai posisi ini. Socceroos memiliki sejarah yang kaya dan basis penggemar yang bersemangat, dan saya berkomitmen untuk memenuhi ekspektasi tersebut."

"Bersama-sama, kami akan bekerja tanpa lelah untuk meningkatkan, mengembangkan, dan melanjutkan kesuksesan Australia di panggung internasional," tandas Popovic.


 




Sumber : Kompas TV/socceroos.com.au




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x