Kompas TV olahraga sports

Lima Rekor Nasional Atletik Pecah di Hari Pertama dan Kedua PON XXI Sumut-Aceh

Kompas.tv - 15 September 2024, 05:35 WIB
lima-rekor-nasional-atletik-pecah-di-hari-pertama-dan-kedua-pon-xxi-sumut-aceh
Gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI yang berlangsung di Sumatera Utara dan Aceh mencatatkan pencapaian luar biasa di cabang olahraga atletik. Pada hari pertama dan kedua kompetisi, 12-13 September 2024, lima rekor nasional (rekornas) berhasil dipecahkan oleh para atlet dari berbagai daerah. (Sumber: Istimewa)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Iman Firdaus

MEDAN, KOMPAS.TV – Gelaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI yang berlangsung di Sumatera Utara dan Aceh mencatatkan pencapaian luar biasa di cabang olahraga atletik. 

Pada hari pertama dan kedua kompetisi, 12-13 September 2024, lima rekor nasional (rekornas) berhasil dipecahkan oleh para atlet dari berbagai daerah.

Nela Agustin, atlet asal Sumatera Utara, berhasil memecahkan rekornas di nomor lari 200 meter putri dengan catatan waktu 23,61 detik. 

Di nomor 100 meter gawang putri, Dina Aulia dari Kalimantan Selatan berhasil memecahkan rekor dengan waktu 13,16 detik.

Selain itu, Idan Fauzan dari Jawa Barat juga mencatatkan prestasi gemilang di nomor lompat galah putra dengan lompatan setinggi 5,31 meter.

Atlet DKI Jakarta, Rafael, turut berkontribusi dalam pencapaian rekor nasional dengan lompatan setinggi 2,15 meter di nomor lompat tinggi putra.

Baca Juga: Pembangunan Stadion Utama Sport Center Dikebut Guna Penutupan PON XXI 20 September Mendatang

Sementara itu, Atina Nurkamila dari Jawa Tengah berhasil memecahkan rekornas di nomor lempar lembing putri dengan lemparan sejauh 52,56 meter.

Ketua Panitia cabang olahraga atletik sekaligus Ketua PASI Sumut, David Luther Lubis, menyampaikan rasa bangga atas pencapaian para atlet. 

"Di hadapan Mas Menteri Pemuda dan Olahraga yang mendukung penuh olahraga, khususnya atletik di tanah air, serta suntikan semangat yang terus mengalir dari Bapak Ketum PB PASI Luhut Pandjaitan dan Bapak Sekjen PB PASI Tigor Tanjung, yang turut memantau PON XXI Sumut-Aceh sejak hari pertama, hari ini Indonesia telah memiliki rekor terbaru," ujar David.

Ia juga menambahkan bahwa pencapaian ini memberikan harapan besar bagi masa depan atletik Indonesia. 

"Saya sebagai Ketua Panitia Cabor Atletik sangat senang dan bangga. Di samping itu, kami juga mendapatkan bibit-baru yang nantinya dapat mengharumkan nama bangsa kita," tutupnya.

Rekor-rekor yang tercipta ini diharapkan menjadi pemicu semangat bagi para atlet lainnya untuk terus berjuang di kompetisi PON XXI Sumut-Aceh yang masih akan berlangsung hingga 20 September mendatang. 

Baca Juga: Polemik PON XXI: Akses Venue Berlumpur, Konsumsi Atlet Kurang Layak, Anggaran Diduga Diselewengkan


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x