Kompas TV olahraga sports

Mengenal Tradisi Bersejarah Pawai Estafet Api Obor Olimpiade, Bawa Pesan Perdamaian

Kompas.tv - 17 Juli 2024, 10:48 WIB
mengenal-tradisi-bersejarah-pawai-estafet-api-obor-olimpiade-bawa-pesan-perdamaian
Juara BMX Prancis Matthias Dandois memegang obor Olimpiade di depan Menara Eiffel, Senin, 15 Juli 2024 di Paris, hanya 11 hari sebelum ibu kota Prancis menjadi tuan rumah Olimpiade Paris yang sangat ambisius dan dengan keamanan tinggi. (Sumber: AP Photo/Louise Delmotte)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Iman Firdaus

PARIS, KOMPAS.TV - Pawai estafet api obor Olimpiade Paris 2024 telah resmi dimulai pada 8 Mei 2024 di Marseille, Prancis Selatan. Acara ini menandai dimulainya rangkaian kegiatan menjelang Olimpiade, dengan upacara pembukaan yang dijadwalkan berlangsung di Sungai Seine, Paris, pada 26 Juli 2024.

Pawai estafet api obor atau Olympic Torch Relay merupakan bagian tak terpisahkan dari penyelenggaraan Olimpiade. Menurut laman resmi Olympics, tradisi penyalaan api ini sudah ada sejak Olimpiade kuno.

Inspirasi penyalaan api berasal dari mitologi Yunani tentang Prometheus dan dilakukan di Olympia, Yunani, menggunakan sinar matahari dan cermin parabola bernama skaphia.

Perjalanan Api Olimpiade

Api Olimpiade ditempatkan dalam guci dan dibawa oleh pelari estafet hingga tiba di kota tuan rumah. Dalam konteks Olimpiade modern, nyala api ini mencerminkan nilai-nilai positif yang diasosiasikan dengan simbolisme api.

Baca Juga: Sebelum Olimpiade 2024, Kontingen Panahan Berangkat Pemusatan Latihan di Paris

Tradisi ini pertama kali muncul pada Olimpiade modern di Amsterdam tahun 1928.

Pada tahun 1936, Olimpiade Berlin memperkenalkan pawai estafet obor yang diusulkan oleh Carl Diem, Sekretaris Jenderal Komite Penyelenggara.

Api dinyalakan di Olympia dan dibawa ke Berlin melalui estafet obor. Tradisi ini kemudian diterapkan pada Olimpiade musim dingin sejak Olimpiade Oslo 1952, meskipun estafet pertama ini dimulai di lembah Morgedal, Norwegia.

Selama estafet, nyala api harus tetap menyala meski menghadapi cuaca buruk seperti angin, hujan, salju, dan panas ekstrem.

Obor modern dirancang untuk menahan kondisi tersebut dan harus dapat menyala lebih lama dari waktu yang ditentukan. Pada malam hari, api disimpan dalam kuali khusus.

Model obor yang digunakan pada setiap edisi Olimpiade berbeda-beda, mencerminkan keunikan negara tuan rumah dan semangat Olimpiade.

Baca Juga: Jelang Olimpiade Paris 2024, Tim Bulu Tangkis Indonesia Gelar Latihan Perdana di Chambly

Desain obor sering kali dibuat oleh perusahaan atau desainer ternama, menunjukkan kekhasan negara tuan rumah atau aspek simbolis Olimpiade.

Pawai estafet api obor bukan hanya sebuah tradisi, tetapi juga membawa pesan perdamaian dan persahabatan kepada orang-orang di sepanjang rutenya.

Api obor Olimpiade dibawa oleh ribuan pembawa obor, termasuk atlet, selebriti, dan tokoh inspiratif dari berbagai bidang.


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x