Kompas TV olahraga sepak bola

UEFA Tunjuk Wasit Laga Indonesia U23 vs Guinea Pimpin Final Euro 2024 Spanyol Lawan Inggris

Kompas.tv - 12 Juli 2024, 01:35 WIB
uefa-tunjuk-wasit-laga-indonesia-u23-vs-guinea-pimpin-final-euro-2024-spanyol-lawan-inggris
Wasit Francois Letexier berbicara dengan Pelatih Timnas Kroasia, Zlatko Dalic dalam pertandingan Euro 2024 antara Kroasia vs Albania di Hamburg, Jerman, 19 Juni 2024. (Sumber: Petr David Josek/Associated Press)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Desy Afrianti

PARIS, KOMPAS.TV - UEFA resmi menunjuk wasit asal Prancis, Francois Letexier untuk memimpin final Piala Eropa 2024 atau Euro 2024 antara Spanyol vs Inggris, Minggu (14/7/2024). Letexier diketahui tidak asing bagi publik Indonesia, pernah memimpin laga play-off Olimpiade 2024 antara Timnas Indonesia U23 vs Guinea pada Mei lalu.

Letexier pun akan menjadi salah satu wasit termuda yang mengadili final kompetisi utama di dunia sepakbola. Letexier akan didampingi asisten Cyril Mugnier, Mehdi Rahmouni, serta Szymon Marciniak sebagai wasit keempat. Peran wasit VAR akan dipegang Jerome Brisard yang didampingi Willy Delajod dan Massimiliano Irrati.

Letexier diketahui telah memimpin tiga pertandingan selama Euro 2024. Ketiga pertandingan itu adalah Kroasia vs Albania (2-2), Denmark vs Serbia (0-0), dan Spanyol vs Georgia (4-1).

Baca Juga: Tampil Buruk di Copa America 2024, Pelatih Timnas AS Gregg Berhalter Dipecat

Selama tiga pertandingan tersebut, Letexier mengeluarkan 10 kartu kuning. Wasit berusia 35 tahun ini diketahui jarang mengeluarkan kartu merah sepanjang kariernya.

Sebelum bertugas di Euro 2024, Francois Letexier sempat memimpin laga play-off Olimpiade Paris 2024 antara Timnas Indonesia U23 vs Guinea U23 pada 9 Mei 2024.

Garuda Muda kalah 0-1 dalam pertandingan tersebut. Kepemimpinan Letexier pun sempat menimbulkan kontroversi dan diprotes pelatih Timnas Indonesia U23, Shin Tae-yong.

Dalam pertandingan itu, Shin Tae-yong dikartu merah karena memprotes wasit. Shin mengeluhkan sejumlah keputusan Letexier yang memberi dua penalti untuk Guinea.

Sepulangnya ke Indonesia, Shin Tae-yong mengkritik kepemimpinan Letexier yang menurutnya membuat sejumlah kesalahan. 

“Beberapa kali saya memutar video pertandingan, tetapi tetap ada kesalahan dari wasit, itu yang disayangkan,” kata Shin dikutip Kompas.com, 11 Mei lalu. “Apa yang dirasakan saya pasti sama dengan penggemar sepakbola Indonesia."

Baca Juga: Spanyol vs Inggris di Final Euro 2024, Berapa Hadiah Uang yang Didapatkan Tim Juara?



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x