Kompas TV olahraga sepak bola

Cerita Tim yang Lolos ke Final Euro 2024, Southgate: Inggris Bermain Lebih Modern

Kompas.tv - 12 Juli 2024, 06:00 WIB
cerita-tim-yang-lolos-ke-final-euro-2024-southgate-inggris-bermain-lebih-modern
Manajer Inggris Gareth Southgate melakukan selebrasi di penghujung laga semifinal melawan Belanda pada turnamen sepak bola Euro 2024 di Dortmund, Jerman, Rabu, 10 Juli 2024. Inggris memenangkan laga tersebut dengan skor 2-1 dan melaju ke final guna menantang Spanyol pada Senin (15/7) dini hari WIB. (Sumber: AP Photo/Thanassis Stavrakis)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pelatih Timnas Inggris Gareth Southgate menyebut timnya bermain lebih modern setelah sukses lolos ke babak final Euro 2024. 

Inggris menyegel tiket final Euro 2024 usai mengalahkan Belanda di babak semifinal yang berlangsung di Stadion Signal Iduna Park, Kamis (11/7/2024) dengan skor 2-1. 

The Three Lions sempat tertinggal lebih dulu lewat gol Xavi Simons pada menit 7 sebelum menyamakan skor via penalti Harry Kane menit ke-18. 

Ketika waktu normal terpantau akan berakhir, pemain pengganti Ollie Watkins mampu mencetak gol penentu kemenangan bagi Inggris pada menit 90. 

Baca Juga: Harry Kane Tatap Laga Inggris vs Spanyol di Final Euro 2024, Tak Sabar Buat Sejarah

Hasil ini juga menjadi rekor tersendiri bagi Inggris. Untuk pertama kalinya, mereka memenangkan laga semifinal turnamen mayor di luar Inggris. 

Lain itu, ini juga menjadi final Euro kedua beruntun bagi Inggris. Pada edisi Euro 2020 silam, Inggris kalah dari Italia di babak final. 

Menurut Southgate hasil kontra Belanda ini menjadi pembuktian atas kritik-kritik yang diterima Tim Tiga Singa sepanjang Euro 2024. 

"Kita semua ingin dicintai, kan? Ketika Anda melakukan sesuatu untuk negara Anda dan Anda bangga menjadi warga Inggris, ketika Anda membaca semua kritik-kritik--- itu sangat berat," kata Southgate dikutip dari beINSport.

"Untuk dapat merayakan final kedua beruntun, ini adalah momen spesial, sangat spesial. Kami telah memberikan malam yang luar biasa untuk orang-orang dalam 50 tahun terakhir," sambungnya. 

Lebih lanjut, Southgate merasa puas dengan permainan yang ditunjukkan Bukayo Saka dan kawan-kawan. 

Menurutnya, anak asuhnya telah memainkan gaya sepak bola yang lebih modern. 

"Hasil ini menunjukkan Inggris yang lebih modern," papar Southgate melanjutkan. 

Baca Juga: Reaksi Raja Charles III usai Inggris ke Final Euro 2024, Ucapannya Mengejutkan

"Tetapi juga menunjukkan resiliensi dan karakter dari tim. Ollie Watikins berlatih tendangan seperti itu setiap hari. Para pemain saling mendukung, mereka punya hubungan yang sangat baik dan malam ini adalah contohnya," imbuhnya.

Di babak final, Inggris sudah ditunggu favorit juara, Spanyol. Duel Spanyol vs Inggris ini akan bertempat di Stadion Olympiastadion Berlin, Senin (15/7/2024) pekan depan pukul 02.00 WIB. 


 



Sumber : beINSport



BERITA LAINNYA



Close Ads x