Kompas TV olahraga sepak bola

Penalti Kontroversial, Mimpi Belanda Hancur di Euro 2024

Kompas.tv - 11 Juli 2024, 09:34 WIB
penalti-kontroversial-mimpi-belanda-hancur-di-euro-2024
Reaksi penggemar sepak bola Belanda saat penghujung laga semifinal Belanda vs Inggris pada turnamen sepak bola Euro 2024 di Dortmund, Jerman, Rabu, 10 Juli 2024. (Sumber: AP Photo/Markus Schreiber)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Iman Firdaus

DORTMUND, KOMPAS.TV - Langkah tim nasional Belanda di Euro 2024 harus terhenti di babak semifinal setelah kekalahan dramatis 2-1 dari Inggris, Kamis (11/7/2024) dini hari WIB.

Gol injury time Ollie Watkins memupuskan impian 100.000 pendukung berseragam oranye yang telah berbondong-bondong memenuhi stadion Signal Iduna Park, Jerman,  dengan penuh semangat. Kekalahan ini menutup peluang Belanda untuk meraih gelar Piala Eropa pertama mereka sejak 1988.

Ronald Koeman, pelatih timnas Belanda, mengungkapkan kekecewaannya pasca pertandingan. "Sebuah gol yang hebat, tapi kemudian semuanya berakhir, dan itu sulit untuk diterima," ujarnya dikutip dari AP. 

Namun, perjalanan pulang tim Oranje diwarnai rasa getir akibat keputusan kontroversial wasit yang memberikan penalti untuk Inggris.

Baca Juga: Hasil Euro 2024 Dini Hari Tadi: Inggris ke Final, Hantam Belanda meski Tertinggal Lebih Dulu

Insiden penalti terjadi ketika bek Belanda, Denzel Dumfries, melakukan kontak dengan Harry Kane saat berusaha memblok tembakan. Koeman dengan tegas menyatakan ketidaksetujuannya terhadap keputusan tersebut.

"Menurut saya, ini seharusnya bukan penalti," kata Koeman.

"Saya pikir kita tidak bisa bermain sepakbola dengan baik karena VAR. Ini benar-benar merusak sepakbola."

Perjalanan Belanda di Euro 2024 memang tidak selalu mulus. Mereka tampil mengesankan dalam hasil imbang 0-0 melawan Prancis di fase grup, yang seharusnya bisa dimenangkan jika bukan karena keputusan offside VAR terhadap Dumfries.

Kekalahan 3-2 dari Austria di pertandingan berikutnya menunjukkan kerentanan tim, sebelum akhirnya bangkit dengan kemenangan atas Rumania dan Turki di babak knockout.

Dalam pertandingan semifinal yang penuh drama ini, banyak momen krusial berputar di sekitar Denzel Dumfries. Bek sayap kanan ini memberikan penalti yang memungkinkan Inggris menyamakan kedudukan, nyaris mencetak gol dengan sundulan yang membentur mistar, dan berhasil menghalau tembakan Phil Foden dari garis gawang.

Baca Juga: Bawa Argentina ke Final Copa America 2024, Lionel Messi Tegaskan Belum Akan Pensiun

"Memang ada kontak, jadi Anda bisa berpikir wasit bisa memberikannya," komentar Dumfries.

"Ini menyebalkan. Saya bertanggung jawab. Saya tidak melakukannya dengan sengaja. Semuanya terjadi dalam sepersekian detik."

Kekalahan ini membuat Inggris melangkah ke final dengan penuh percaya diri, siap menghadapi tantangan besar melawan Spanyol.


 




Sumber : Kompas TV




BERITA LAINNYA



FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x