Kompas TV olahraga sports

Pesan Jokowi Kepada Kontingen Olimpiade Indonesia: Harapannya Kita Pulang Bawa Medali

Kompas.tv - 10 Juli 2024, 21:45 WIB
pesan-jokowi-kepada-kontingen-olimpiade-indonesia-harapannya-kita-pulang-bawa-medali
Presiden Joko Widodo melepas keberangkatan Tim Indonesia menuju Olimpiade 2024, di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (10/7/2024). (Sumber: Kompas.tv/Ant/Yashinta Difa/Antara)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi resmi melepas kontingen atlet Indonesia yang akan berlaga di Olimpiade Paris 2024.

Upacara pelepasan ini digelar di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (10/7/2024) petang.

“Rakyat menginginkan bendera Merah Putih berkibar di arena Olimpiade, lagu Indonesia Raya dikumandangkan di arena Olimpiade, dan saudara-saudara pulang membawa medali,”  kata Jokowi dalam pidatonya di upacara pelepasan kontingen Olimpiade Indonesia.

Baca Juga: Didit Hediprasetyo Rancang Desain Jersey Olimpiade Indonesia, Gratis!

Jokowi berpesan agar kontingen Indonesia bertanding dengan penuh semangat. Eks Wali Kota Surakarta itu berharap kontingen Indonesia bisa pulang dari Olimpiade Paris 2024 dengan membawa medali.

“Mata dunia akan tertuju semuanya pada penampilan saudara, dan rakyat Indonesia akan tertuju kepada saudara-saudara dan menaruh banyak harapan kepada atlet-atlet kita,” kata Jokowi dikutip Antara.

“Oleh sebab itu, persiapkan diri dengan baik, siapkan fisik, siapkan mental, siapkan diri untuk bertanding dan harapan kita berhasil dan menang dan pulang membawa medali."

Adapun Indonesia akan diwakili 29 atlet yang bertanding di Olimpiade Paris 2024. Para atlet tersebut, 16 atlet putra dan 13 atlet putri, akan bertanding di 12 cabor seperti bulutangkis, panjat tebing, bersepda, hingga panahan.

Republik Indonesia telah berpartisipasi di Olimpiade Musim Panas sejak 1952. Hingga Olimpiade Tokyo 2020, Indonesia meraih total 37 medali sepanjang sejarah, yakni delapan emas, 14 perak, dan 15 perunggu.

Di Olimpiade Musim Panas Tokyo 2020 lalu, kontingen Indonesia membawa pulang satu medali emas, satu perak, dan tiga perunggu. Medali emas Indonesia diperoleh Greysia Polii/Apriyani Rahayu dari cabor bulutangkis nomor ganda putri.

Baca Juga: 29 Atlet Lolos ke Olimpiade 2024 Paris, Menpora Harap Indonesia Cetak Sejarah


 




Sumber : Antara




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x