Kompas TV olahraga sepak bola

Spanyol vs Prancis: Les Blues Berharap pada Performa Mbappe dan Griezmann

Kompas.tv - 9 Juli 2024, 15:25 WIB
spanyol-vs-prancis-les-blues-berharap-pada-performa-mbappe-dan-griezmann
Kylian Mbappe berhasil mencetak 300 gol karier lebih cepat dibanding Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi. Legenda sepak bola Prancis, Thierry Henry, memberikan apresiasi tinggi, sementara pemenang Ballon dOr 1991, Jean-Pierre Papin, yakin yang terbaik masih akan datang. (Sumber: AP Photo)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV — Semifinal Euro 2024 akan mempertemukan dua tim dengan gaya permainan yang sangat kontras, yakni Spanyol vs Prancis. 

Spanyol dianggap tim yang bermain dengan sangat menghibur, sementara Prancis tampil dengan permainan yang bisa dikatakan membosankan.

Spanyol telah menunjukkan dominasinya dengan memenangkan semua lima pertandingannya dan mencetak 11 gol, yang merupakan jumlah tertinggi di turnamen ini. 

Di sisi lain, Prancis hanya meraih dua kemenangan—tidak termasuk kemenangan adu penalti atas Portugal—dan belum mencetak gol dari permainan terbuka, hanya mengandalkan dua gol bunuh diri lawan dan satu penalti.

Permainan juara dunia 2018 itu pun tak dianggap oleh banyak pihak. Meski begitu, pelatih Prancis Didier Deschamps sama sekali tak mempedulikannya.

“Jika kami membosankan, kalian bisa menonton yang lain, itu tidak masalah,” kata Deschamps dalam konferensi pers sebelum pertandingan, Senin (8/7/2024), dikutip dari Associated Press.

“Ini adalah Piala Eropa yang sangat khusus, dengan lebih sedikit gol dari biasanya. Kami memiliki kesempatan untuk membuat Prancis bahagia, dalam situasi yang sulit bagi negara ini. Jika ada yang bosan, saya tidak peduli," tegasnya.

Baca Juga: Euro 2024: Deschamps Ungkap Alasan Tumpulnya Performa Kylian Mbappe

Selain permainan yang tidak atraktif, dua pemain kunci yaitu Kylian Mbappe dan Antoine Griezmann juga dikritik performanya.

Mbappe dan Griezmann dinilai kurang berkontribusi sehingga berdampak minimnya gol yang dicetak oleh Prancis.

Meski begitu, Adrien Rabiot yakon Mbappe dan Griezmann bisa jadi pemain yang menentukan bagi kemenangan Prancis.

“Kami memiliki keyakinan penuh pada (Mbappé dan Griezmann). Kami tahu mereka adalah pemain yang dapat mengubah pertandingan dalam sekejap,” ujar Rabiot. 

“Kami akan membutuhkan mereka… Kami semua sangat terkejut karena kami tahu kualitas Antoine. Saya tidak tahu bagaimana menjelaskannya, mungkin dia sedikit kurang fit secara fisik."

"Kami mengharapkan lebih banyak dari Antoine, tetapi kami mendukung semua pemain kami," ucap gelandang Juventus itu.

Meskipun Prancis tampil kurang tajam di lini depan, pertahanan mereka sangat solid. Mereka hanya kebobolan satu gol di Euro 2024 saat menghadapi Polandia lewat penalti Robert Lewandowski di babak grup. 

Kokohnya lini belakang menjadi harapan bagi Deschamps untuk menandai 12 tahun kiprahnya bersama Timnas Prancis dengan membawa Ngolo Kante dan kawan-kawan ke semifinal Euro dalam delapan tahun terakhir. 

Baca Juga: Jadwal Semifinal Euro 2024: Spanyol Vs Prancis dan Belanda vs Inggris


 

 




Sumber : Associated Press




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x