Kompas TV olahraga sepak bola

Euro 2024 Grup D: Austria Kejutkan Belanda, Prancis Melengang, Polandia Keok

Kompas.tv - 26 Juni 2024, 08:39 WIB
euro-2024-grup-d-austria-kejutkan-belanda-prancis-melengang-polandia-keok
Pelatih kepala Austria Ralf Rangnick berbicara dengan Michael Gregoritsch dari Austria selama pertandingan Grup D antara Austria dan Prancis pada turnamen sepak bola Euro 2024 di Duesseldorf, Jerman, Senin, 17 Juni 2024. (Sumber: AP Photo/Martin Meissner)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Iman Firdaus

BERLIN, KOMPAS.TV - Timnas Austria berhasil menciptakan dua kejutan besar dalam EURO 2024 dengan mengalahkan timnas Belanda sekaligus menjadi juara Grup D. Pertandingan terakhir fase grup yang berlangsung pada Selasa (25/6/2024) di Olympiastadion menghasilkan kemenangan 3-2 bagi Austria atas Belanda.

Jalannya pertandingan berlangsung sengit dengan kedudukan yang berubah beberapa kali. Gol bunuh diri Donyell Malen membuka keunggulan Austria, namun Cody Gakpo berhasil menyamakan kedudukan untuk Belanda.

Austria kembali unggul melalui gol Romano Schmid, tetapi Memphis Depay mampu menyamakan skor lagi dengan tendangan setengah voli. Pada menit ke-80, Marcel Sabitzer mencetak gol penentu yang mengamankan kemenangan Austria.

Hasil ini menempatkan Austria di puncak klasemen Grup D dengan raihan enam poin, mengejutkan banyak pihak yang sebelumnya memprediksikan Belanda akan mendominasi grup. Sementara itu, Belanda harus puas finis di peringkat ketiga.

Baca Juga: Hasil Euro 2024: Belanda Dikejutkan Austria, Grup Inggris Kompak 0-0

Di pertandingan lain dalam grup yang sama, Prancis dan Polandia bermain imbang 1-1. Kylian Mbappe, yang sempat mengalami cedera hidung, membuka skor untuk Prancis melalui tendangan penalti. Namun, Robert Lewandowski berhasil menyamakan kedudukan untuk Polandia, juga melalui eksekusi penalti.

Hasil imbang ini menempatkan Prancis di posisi runner-up grup dengan lima poin, sementara Polandia finis di posisi juru kunci dengan hanya mengumpulkan satu poin.

Dengan berakhirnya fase grup, Austria dan Prancis secara resmi lolos ke babak 16 besar EURO 2024. Belanda, meski finis di posisi ketiga, masih memiliki peluang untuk melaju ke tahap gugur sebagai salah satu peringkat ketiga terbaik dari seluruh grup.

Keberhasilan Austria dalam mengalahkan Belanda dan menjuarai grup ini menjadi bukti bahwa dalam turnamen sekelas EURO, kejutan bisa terjadi dan tim underdog mampu mengalahkan tim-tim favorit.

Baca Juga: Belanda vs Austria di Euro 2024 Malam Ini: Prediksi Skor dan Susunan Pemain

Performa impresif Austria di fase grup tentunya akan meningkatkan kepercayaan diri mereka menghadapi babak knockout yang akan segera dimulai.

Sementara itu, Belanda harus melakukan evaluasi serius atas performa mereka yang di bawah ekspektasi. Sebagai salah satu tim unggulan, finis di posisi ketiga grup tentu bukan hasil yang diharapkan oleh fans Oranje.


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x