Kompas TV olahraga sepak bola

Pelatih Filipina Tercengang dengan Atmosfer Stadion GBK: Terima Kasih!

Kompas.tv - 12 Juni 2024, 15:01 WIB
pelatih-filipina-tercengang-dengan-atmosfer-stadion-gbk-terima-kasih
Pelatih Timnas Filipina Tom Saintfiet. (Sumber: AFC)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pelatih Filipina Tom Saintfiet mengaku tercengang dengan atmosfer Stadion Gelora Bung Karno (GBK) saat memimpin anak asuhnya melawan Timnas Indonesia dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2026, Selasa (11/6/2024). 

Dalam laga ini, Indonesia sukses menekuk Filipina dengan skor 2-0 lewat gol-gol Thom Haye (32') dan Rizky Ridho (56'). Kemenangan ini juga memastikan skuad Garuda lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia serta Piala Asia 2027. 

Sepanjang pertandingan, supoter Timnas Indonesia memang tidak henti memberikan dukungan lewat chant-chant pemecut semangat. 

Lebih dari 60 ribu suporter Garuda memadati bangku-bangku Stadion GBK. 

Tom Sainfiet mengaku kagum dengan atmosfer yang diciptakan oleh suporter Timnas Indonesia. 

Baca Juga: Shin Tae-yong Tak Puas dengan Penyerang Garuda, Erick Thohir Janji Perkuat Timnas Indonesia

“Atmosfernya luar biasa di stadion ini. Dalam masa kepelatihan selama 27 tahun, saya tak pernah merasakan atmosfer seperti ini,” tuturnya usai laga, Selasa (11/6) dikutip dari Kompas.com. 

“Terima kasih atas atmosfer yang sudah mereka hadirkan dengan banner dan bendera di stadion,” ucap pelatih asal Belgia itu. 

Hal senada juga dirasakan oleh penggawa Timnas Indonesia, Thom Haye. 

Pemain yang musim lalu membela klub Eredivisie Belanda Heerenveen SC itu mengaku kehabisan kata-kata. 

“Pertama-tama, atmosfernya sulit dijelaskan, coba deh rasakan sendiri, sangat istimewa, antusiasme masyarakat bisa dirasakan di atas lapangan oleh para pemain," papar Thom Haye dilansir dari Antara. 

Baca Juga: Kata Shin Tae-yong soal Indonesia Lolos Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia

"Ini adalah sesuatu yang benar-benar istimewa bagi para pemain di atas lapangan. Saya rasa ini adalah kualitas dari bermain di kandang, selalu mendapatkan dukungan sehebat ini dari para penggemar,” tambahnya.

Selanjutnya, Timnas Indonesia akan melakoni perjuangan sulit menuju Piala Dunia 2026. Pada putaran ketiga nanti, skuad Garuda akan bersaing dengan 17 tim kuat lain macam Jepang, Qatar, Korea Selatan, hingga Iran. 

Nantinya, 18 tim yang sudah memastikan diri lolos ke putaran ketiga bakal dibagi ke dalam tiga grup yang masing-masing berisi 6 negara. Juara grup dan runner up akan lolos otomatis ke Piala Dunia 2026. 


 

 



Sumber : Kompas.com/Antara



BERITA LAINNYA



Close Ads x