Kompas TV olahraga sepak bola

Indonesia vs Filipina Malam Ini, Tom Saintfiet: Jika Menang, Keajaiban bagi Kami

Kompas.tv - 11 Juni 2024, 13:05 WIB
indonesia-vs-filipina-malam-ini-tom-saintfiet-jika-menang-keajaiban-bagi-kami
Pelatih Filipina Tom Saintfiet. (Sumber: Soha.vn)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Tito Dirhantoro

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pelatih Filipina Tom Saintfiet pesimistis soal peluang timnya memenangkan laga pamungkas Grup F kontra Timnas Indonesia dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran kedua.

Laga Indonesia vs Filipina ini akan berlangsung di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (11/6/2024) pukul 19.30 WIB. 

Saintfiet merasa pertandingan ini akan sangat sulit bagi Filipina. Terlebih, Timnas Indonesia mendapat dukungan penuh dari para suporter. 

“Indonesia adalah lawan sulit," ujar Tom Saintfiet pada konferensi pers jelang laga Timnas Indonesia vs Filipina, Senin (10/6/2024).

Baca Juga: Fakta-Fakta Pertandingan Timnas Indonesia vs Filipina: Laga Penentuan Kelolosan Garuda

"Apalagi mereka didukung 77.000 fans di stadion nanti. Jika pertandingan berakhir imbang akan fantastis. Jika menang adalah keajaiban bagi kami."

Jika ditilik dari rekor pertemuan melawan Indonesia, Filipina memang inferior. Dari total 26 pertemuan sejak tahun 1950-an, The Azkals baru menang 1 kali, kalah 20 kali, dan imbang 5 kali lawan Indonesia. 

Saintfiet mengakui komposisi Timnas Indonesia sangat kuat. Meski begitu, ia meminta anak asuhnya berusaha keras untuk menyulitkan Indonesia. 

"Saya yakin besok mereka akan mencoba menyerang di 20 menit pertama dan mencoba mencetak gol," ujar Tom Saintfiet.

"Intinya Indonesia adalah tim yang suka tampil menyerang. Mereka juga berbahaya dalam transisi, terkadang pertahanannya juga kuat."

Baca Juga: Pelatih Filipina Dapat Ancaman Pembunuhan, PSSI: Pasti Diproses Hukum

Saintfiet menambahkan, anak asuhnya akan bertahan untuk mencegah Timnas Indonesia mencetak gol, sembari mencoba menciptakan peluang.

"Makanya kami akan mencoba apa yang kami bisa, tim akan mencoba menciptakan peluang. Kalau melihat di atas kertas, komposisi tim Indonesia sangat kuat," ujar pelatih asal Belgia itu.

"Jadi, kami sebagai tim harus mencoba bertahan dan mencegah mereka untuk mencetak gol."



Sumber : Kompas TV/BolaSport



BERITA LAINNYA



Close Ads x