Kompas TV olahraga sepak bola

FIFA Tinjau 8 Stadion Indonesia, Ketum PSSI: Ingin Pastikan Standar Keamanan

Kompas.tv - 31 Mei 2024, 22:55 WIB
fifa-tinjau-8-stadion-indonesia-ketum-pssi-ingin-pastikan-standar-keamanan
Ketua Umum PSSI Erick Thohir. (Sumber: Tribunnews/Abdul Majid)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) telah mengirim tim delegasi untuk meninjau delapan stadion di empat provinsi di seluruh Indonesia pada Jumat (31/5/2024). 

Ketua Umum Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir menyatakan renovasi stadion merupakan aspek krusial dalam transformasi sepak bola Indonesia.

Tujuannya, untuk memastikan suporter memperoleh keamanan berstandar FIFA.

"FIFA sudah mengirimkan tim untuk meninjau delapan stadion di empat provinsi yang sedang direnovasi Kementerian PUPR. Delegasi FIFA ingin memastikan seluruh aspek renovasi stadion memenuhi standar keamanan FIFA," kata Erick, Jumat, dikutip dari Antara.

Baca Juga: Hasil Madura United vs Persib, Skor 1-3: Maung Bandung Juara Liga 1 2023-24

"Renovasi stadion ini menjadi hal penting dalam transformasi sepak bola Indonesia."

"Dengan standar keamanan FIFA di setiap stadion, kami ingin memastikan seluruh suporter bisa pulang dengan selamat," lanjutnya. 

Pemerintah Indonesia bersama PSSI menjalin kerja sama dengan FIFA untuk meningkatkan kualitas stadion di Indonesia, guna memberikan standar keselamatan terbaik bagi suporter, terkhusus setelah adanya peristiwa tragis di Stadion Kanjuruhan, Malang, Jawa Timur, pada 2022 silam. 

Dalam nota kesepakatan yang terjalin, terdapat delapan stadion di empat provinsi Indonesia yang masuk tahap renovasi. Stadion tersebut adalah:

  • Stadion Utama Sumatera Utara (Medan, Sumatera Utara)
  • Stadion Teladan (Medan, Sumatera Utara)
  • Stadion Patriot (Bekasi, Jawa Barat)
  • Stadion Wibawa Mukti (Bekasi, Jawa Barat)
  • Stadion Kanjuruhan (Malang, Jawa Timur)
  • Stadion Delta Sidoarjo (Sidoarjo, Jawa Timur)
  • Stadion Joko Samudro (Gresik, Jawa Timur)
  • Stadion Segiri (Samarinda, Kalimantan Timur).

Kunjungan delegasi FIFA difokuskan untuk mengecek kesiapan pada empat bidang utama stadion, yakni area masuk dan keluar stadion, akses, rute evakuasi, dan arus sirkulasi penonton.

Baca Juga: PT LIB Bolehkan Klub Liga 1 Gunakan Delapan Pemain Asing Mulai Musim Depan

"Kunjungan kami hari ini menggarisbawahi komitmen FIFA untuk mendukung PSSI dalam transformasi infrastruktur sepak bola Indonesia," kata Manajer Pengembangan Regional FIFA Karan Mirchandani, dikutip dari Antara.

"Peristiwa tragis (Kanjuruhan) pada 2022 mendorong kami untuk memastikan bahwa semua penggemar sepak bola dapat menikmati olahraga di lingkungan yang aman dan terjamin di stadion."

Selain melakukan peninjauan di delapan stadion yang sedang direnovasi tersebut, delegasi FIFA juga meninjau pusat latihan (training center/TC) tim nasional Indonesia tahap pertama yang dibangun di wilayah Ibu Kota Nusantara (IKN), Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Pusat latihan ini memiliki fasilitas seperti lapangan rumput alami, lapangan rumput buatan, asrama, dan ruang ganti, yang telah rampung 90 persen saat ini.

Pembangunan TC ini mendapatkan bantuan dana hibah dari FIFA Forward senilai 1,25 juta dolar AS atau setara dengan Rp19,2 miliar.


 



Sumber : Antara



BERITA LAINNYA



Close Ads x