Kompas TV olahraga sepak bola

PSSI Targetkan Ada 6 Klub yang Bakal Ikuti Liga Putri Indonesia

Kompas.tv - 31 Mei 2024, 00:00 WIB
pssi-targetkan-ada-6-klub-yang-bakal-ikuti-liga-putri-indonesia
Timnas wanita U17 Indonesia yang berlaga di Piala Asia Wanita U17 2024 (Sumber: PSSI)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Federasi Sepak Bola Indonesia, PSSI, menargetkan ada 6 klub partisipan Liga Putri Indonesia yang direncanakan bergulir mulai tahun 2026 mendatang. 

Exco PSSI Vivin Cahyani mengungkapkan, angka tersebut adalah jumlah minimum yang akan mengikuti Liga Putri pada dua tahun mendatang. Namun, jika ada tambahan peserta pihaknya akan lebih senang.

"Sementara targetnya enam klub. Ini baru pembicaraan, kalo memang dalam perjalanan 2026 ini ternyata ada klub bermunculan, apalagi klub Liga 1 dengan suka rela dia bikin sendiri, kita pasti buka lebih banyak," kata Vivin, Kamis (30/5/2024) dikutip dari Antara. 

Selain itu, Vivin juga menjelaskan pihaknya mengapa Liga Putri Indonesia rencananya digelar dua tahun mendatang. Salah satunya adalah untuk lebih mematangkan program. 

Baca Juga: Hasil Timnas Putri Indonesia vs Singapura: Garuda Pertiwi Pesta Gol 5-1

Lebih lanjut, dia juga berharap bakal ada banyak talenta-talenta muda pesepakbola putri yang muncul dalam dua tahun mendatang. 

"Kalo Liga Putri sekarang kan kami sudah meeting di Exco kemarin sudah sama-sama putuskan tahun 2026, mengingat talent nya juga belum banyak," papar Vivin melanjutkan. 

"Jadi, ya kami mau nunggu juga dari kompetisi-kompetisi grassroot ini sudah mulai naik kan, contohnya Claudia, dia kan baru mau 15 tahun."

Baca Juga: Ambisi Justin Hubner dengan Timnas Indonesia dan Cerezo Osaka, Ini yang Ingin Dicapai

"Saya mau ada lahirnya Claudia-Claudia selanjutnya seperti di Piala Asia U-17 kemarin kan sudah mulai banyak bermunculan ya talent-talentnya," sambungnya. 

Vivin juga menegaskan bahwa PSSI sangat serius dalam menggodok Liga Putri Indonesia. 

"Liga Putri ini bergulir enggak cukup bergulir sekali, kemudian tahun depannya enggak, taun depannya lagi, jadi enggak sustain," ungkap Vivin. 

"Pokoknya kita benar-benar serius. Kita datangkan pelatih dari Jepang, itu bukan pelatih kelas dunia, tapi juara dunia yang kita hire. Mulai dari itu, timnasnya mulai, kompetisi di tingkat provinsi, kota, kabupaten kita semua data dan endorse, dan mudah-mudahan pemainnya mulai bermunculan dan kelihatan potensinya," tegasnya

Untuk menunggu kekosongan jalannya liga selama dua tahun ke depan, Vivin memaparkan PSSI akan kembali menyelenggarakan Piala Pertiwi, turnamen untuk sepak bola wanita yang terakhir kali digelar pada 2022 silam.


 



Sumber : Kompas TV/Antara



BERITA LAINNYA



Close Ads x