Kompas TV olahraga sepak bola

Hansi Flick Ditunjuk sebagai Pelatih Barcelona, Tanda Tangan Kontrak Selama 2 Tahun

Kompas.tv - 29 Mei 2024, 22:35 WIB
hansi-flick-ditunjuk-sebagai-pelatih-barcelona-tanda-tangan-kontrak-selama-2-tahun
Hansi Flick telah resmi ditunjuk sebagai pelatih baru Barcelona setelah klub secara mengejutkan memutuskan untuk memecat Xavi. (Sumber: Matthias Schrader/AP)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Desy Afrianti

BARCELONA, KOMPAS.TV - Hansi Flick telah resmi ditunjuk sebagai pelatih baru Barcelona setelah klub secara mengejutkan memutuskan untuk memecat Xavi.

Dalam pengumuman resmi, Rabu (29/5/2024) Barcelona menyatakan bahwa Flick akan mengambil alih kepemimpinan tim menjelang musim depan setelah menandatangani kontrak dua tahun di Camp Nou. 

"FC Barcelona dan Hansi Flick telah mencapai kesepakatan agar pelatih asal Jerman itu menjadi pelatih sepak bola tim utama putra hingga 30 Juni 2026. Pelatih baru telah menandatangani kontrak di kantor Klub didampingi oleh presiden FC Barcelona Joan Laporta ; wakil presiden pertama yang bertanggung jawab bidang olahraga, Rafa Yuste dan direktur olahraga Klub, Anderson Luís de Souza, Deco," tulis pernyataan Blaugrana dikutip dari laman resmk klub.

Keputusan ini diambil setelah Xavi, yang sebelumnya mengumumkan pada Januari bahwa ia akan meninggalkan klub pada akhir musim ini.

Presiden klub, Joan Laporta, sempat meyakinkan Xavi untuk memperpanjang masa baktinya. Namun, hanya 30 hari setelah pengumuman perpanjangan kontrak tersebut, klub kembali mengubah keputusannya. 

Barcelona mengumumkan bahwa Xavi akan diberhentikan pada akhir musim, dan staf di belakangnya juga akan ikut meninggalkan klub.

"Kami berterima kasih kepada Xavi atas komitmen, dedikasi, dan kedermawanannya selama ini," demikian pernyataan resmi klub.

Baca Juga: Resmi! Xavi Hernandez Berpisah dengan Barcelona

Dilansir dari beIN Sports, Hansi Flick, yang sebelumnya melatih tim nasional Jerman, dipecat setelah tim tersingkir di babak grup Piala Dunia 2022 di Qatar. 

Federasi sepak bola Jerman sempat mempertahankan Flick pasca turnamen tersebut, tetapi akhirnya memecatnya setelah tiga kekalahan beruntun dalam pertandingan persahabatan tahun lalu.

Flick dikenal dengan kesuksesannya bersama Bayern Munich. Selama masa jabatannya, ia membawa Bayern meraih dua gelar Bundesliga dan mencapai treble, termasuk gelar Liga Champions pada musim pertamanya, 2019-2020.

Flick juga memenangkan Piala Super UEFA dan Piala Dunia Antarklub FIFA sebelum mengambil alih posisi pelatih tim nasional Jerman dari Joachim Low.

Selama di Bayern Munich, Flick mencatatkan persentase kemenangan 80 persen dari 145 pertandingan yang dipimpinnya. Namun, di tim nasional Jerman, ia hanya memenangkan 12 dari 25 pertandingan.

Dengan catatan tersebut, Flick diharapkan dapat membawa perbaikan signifikan di Barcelona, yang musim ini hanya finis sebagai runner-up di LaLiga dan tersingkir di perempat final Liga Champions. 

Baca Juga: Belanda Umumkan Skuad untuk Euro 2024, Ada Pemain Keturunan Indonesia Tijjani Reijnders



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x