Kompas TV olahraga badminton

Inilah Alasan Kevin Sanjaya Putuskan Pensiun dari Dunia Bulu Tangkis

Kompas.tv - 16 Mei 2024, 18:52 WIB
inilah-alasan-kevin-sanjaya-putuskan-pensiun-dari-dunia-bulu-tangkis
Pebulu tangkis ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo (kanan) dan Marcus Fernaldi Gideon. (Sumber: Antara)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Edy A. Putra

 

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pebulu tangkis ganda putra Indonesia, Kevin Sanjaya Sukamuljo, secara resmi mengundurkan diri sebagai atlet Pelatnas Cipayung dan menyatakan pensiun dari dunia bulu tangkis pada Kamis (16/5/2024).

Pengumuman ini disampaikan langsung oleh Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi PP PBSI Ricky Soebagdja dalam jumpa pers di Cipayung, Jakarta Timur.

Ricky mengungkapkan, pihaknya menghormati keputusan Kevin untuk mundur dari tim nasional bulu tangkis.

"Tentang Kevin, pada saat saya kembali dari tur Eropa, saya ada komunikasi dengan pelatih, dan saya minta waktu Kevin untuk ketemu di tanggal 6 April," kata Ricky, Kamis, dikutip dari Kompas.com. 

Baca Juga: Hasil Thailand Open 2024: Gregoria Lolos ke Perempat Final Usai Singkirkan Wakil Tuan Rumah

"Intinya Kevin menyatakan pamit dari pelatnas. Kita hormati keputusan dan waktu Kevin. Kita juga mengapresiasi prestasi Minions yang sudah meniadi nomor satu dunia dalam waktu yang lama, dan menyumbangkan banyak gelar untuk Indonesia," sambungnya.

Kevin yang berpasangan dengan Marcus Fernaldi Gideon dan dijuluki The Minions, telah menorehkan berbagai prestasi gemilang di dunia bulu tangkis.

Mereka pernah menduduki peringkat satu dunia untuk waktu yang lama dan memenangi berbagai turnamen bergengsi. 

Lantas, apa alasan Kevin memutuskan pensiun dari dunia bulu tangkis? 

Lewat akun Instagram resminya, @kevin_sanjaya, Kamis, Kevin mengungkapkan salah satu alasannya pensiun adalah karena cedera yang dialami dirinya dan Marcus. 

"Saya telah berfikir keras, berdiskusi dengan orang-orang terdekat dan mempertimbangkan banyak hal untuk saya sampai di titik ini. Dimulai dari cedera bahu saya yang tidak kian membaik sejak tahun 2017. Ditambah, partner saya cedera dan berujung kami tidak mungkin dapat memperebutkan tiket ke Olimpiade 2024," ungkap Kevin.

"Lalu saya mendapat kesempatan untuk memiliki partner yang baru. Namun saya rasa kami kurang pas karena kami berdua sama-sama pemain depan."

"Setelah itu, saya berdiskusi dengan pengurus PBSI untuk langkah ke depan saya di dunia badminton. Karena saya bermain badminton bukan untuk menjadi penggembira, melainkan saya ingin memiliki tujuan yang jelas."

Baca Juga: Inilah Alasan Marcus Fernaldi Gideon Gantung Raket dari Pelatnas

"Beberapa bulan saya menunggu akhirnya saya mendapatkan jawaban di pertengahan bulan Januari 2024. Namun jawaban yang diberikan tidak sesuai harapan saya dan saya tidak mendapatkan kesempatan untuk memiliki tujuan yang jelas. Akhirnya saya di akhir bulan Febuari memutuskan untuk berhenti dari dunia badminton."

"Saya ingin mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya untuk semua yang telah mendukung dan mendoakan perjalanan saya sampai saat ini."

"Saya juga mau meminta maaf bila banyak pendukung yang mungkin kecewa dengan keputusan ini. Ketauilah bahwa keputusan ini bukanlah keputusan yang mudah, bisa dibilang ini adalah salah satu keputusan terbesar dalam hidup saya," pungkasnya.


 



Sumber : Kompas TV/Kompas.com



BERITA LAINNYA



Close Ads x