Kompas TV olahraga sepak bola

PT LIB Yakin VAR Bakal Buat Pertandingan Championship Series Liga 1 Lebih Adil

Kompas.tv - 14 Mei 2024, 17:10 WIB
pt-lib-yakin-var-bakal-buat-pertandingan-championship-series-liga-1-lebih-adil
PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) dan PSSI mengadakan uji coba penerapan Video Assistent Referee (VAR) tahap ketiga di Lapangan JSI, Resort, Megamendung, Bogor, Sabtu (17/2/2024). (Sumber: PSSI)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Direktur Operasional PT LIB Asep Saputra mengatakan penggunaan teknologi VAR (video assistant referee) pada Championship Series Liga 1 merupakan langkah maju untuk perkembangan sepak bola Indonesia.

Asep pun yakin VAR bakal menunjang kinerja wasit dan membuat jalannya pertandingan menjadi lebih adil.

“Penggunaan VAR merupakan langkah maju bagi sepak bola Indonesia,” kata Asep, seperti dilansir laman resmi PT LIB, Selasa (14/5/2024).

“Kami yakin VAR dapat membantu meningkatkan kualitas pertandingan dan memberikan rasa keadilan bagi semua pihak,” sambungnya.

Duel semi final leg pertama antara Bali United vs Persib Bandung, Selasa malam ini, akan jadi laga pertama di mana VAR digunakan.

Duel tersebut akan berlangsung di Bali United Training Center di Kawasan Pantai Purnama, Gianyar, Bali. 

Pemain-pemain Persib memberikan respons positif terhadap penggunaan VAR di Liga Indonesia.

Hal ini diharapkan dapat meningkatkan kinerja wasit di lapangan dalam membuat keputusan yang lebih akurat.

“VAR bagus untuk sepak bola Indonesia, seperti di sepak bola Eropa, ada banyak situasi penting yang diperiksa melalui VAR dan kebanyakan membantu wasit mengambil keputusan dengan tepat,” kata pemain asing Persib, Nick Kuipers. 

Baca Juga: Championship Series Liga 1: Var Akan Digunakan dalam Duel Persib Bandung VS Bali United

Menurutnya, langkah PT LIB mulai memberlakukan VAR di babak penentuan Championship Series Liga 1 adalah tepat karena laga semi final dan final sangat krusial bagi setiap tim yang bertanding.

“Saya rasa ini jadi penting terutama pada laga final karena semua ingin menang di pertarungan ini dan ini adalah pertandingan yang penting. Saya rasa hal positif dengan penggunaan VAR di sepak bola Indonesia,” ujar pemain asal Belanda ini. 

Ia pun berharap VAR bisa terus digunakan di Liga Indonesia demi pertandingan yang lebih adil dan bersih yang sekaligus bisa meningkatkan kualitas sepak bola Indonesia. 

“Saya harap mereka bisa terus melanjutkannya sehingga pertandingan bisa lebih adil dan bersih, serta meningkatkan sepak bola Indonesia,” ucapnya.

Sebagai informasi, pertandingan babak semifinal Championship Series BRI Liga 1 2023/24 akan berlangsung dengan format kandang-tandang.

Bali United FC akan lebih dulu menjamu Persib Bandung, dan Madura United FC menantang juara babak Regular Series, Borneo FC Samarinda.

Leg pertama dimainkan pada 14-15 Mei 2024 sementara leg kedua pada 18-19 Mei 2024. Pertandingan final dijadwalkan pada 26 dan 31 Mei 2024. 

Baca Juga: Jadwal Championship Series Liga 1 2023/2024, Bali United Vs Persib Bandung Bakal Mengawalinya


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x