Kompas TV olahraga badminton

Tumbang di Asian Games 2022, Jojo Akui Tegang usai Kalah di Nomor Beregu

Kompas.tv - 3 Oktober 2023, 20:21 WIB
tumbang-di-asian-games-2022-jojo-akui-tegang-usai-kalah-di-nomor-beregu
Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie, mengembalikan kok ke arah Lakshya Sen (India) dalam semifinal Japan Open 2023 di Tokyo, Jepang, Sabtu, 29 Juli 2023. (Sumber: AP Photo/Hiro Komae)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Edy A. Putra

 

HANGZHOU, KOMPAS.TV - Jonatan Christie, atlet bulu tangkis tunggal putra Indonesia, mengakui tak bisa melawan ketegangan saat bermain di babak 32 besar nomor individu Asian Games 2022, hari ini, Selasa (3/10/2023).

Hasilnya, Jojo pun gagal mempertahankan gelar juara Asian Games yang diraihnya pada edisi 2018 di Jakarta-Palembang.

Jojo kalah dari wakil China Taipei, Chou Tien Chen, 17-21, 17-21, pada pertandingan babak 32 besar yang digelar di Binjiang Gymnasium, Hangzhou, China.

Ia mengaku sudah dapat menemukan ritme permainan, namun tidak mampu melawan ketegangan.

“Sebenarnya ada beberapa kali sudah menemukan ritme dan tempo permainan, tapi banyak juga melakukan kesalahan sendiri, jadi lawan yang tadinya sudah mulai bisa saya kejar poinnya tapi berbalik lagi. Hal ini yang perlu saya perbaiki lagi ke depannya karena memang satu poin krusial,” jelas Jojo.

Juara Hong Kong Open 2023 itu mengatakan telah berdiskusi dengan pelatih untuk bisa bermain lebih rileks setelah kalah di nomor beregu putra Asian Games 2022 Hangzhou, pekan lalu.

Sebagai informasi, saat turun sebagai tunggal kedua Indonesia di babak perempat final nomor beregu melawan Korea Selatan pada 29 September 2023, Jojo kalah dari Lee Yungyu dua gim langsung, 15-21, 16-21.

Pada akhirnya, Indonesia pun gagal melangkah ke semifinal usai kalah 1-3 dari Korea Selatan.

Feel mainnya di lapangan sendiri memang terasa masih beberapa kali kurang percaya diri. Saya dan pelatih sudah diskusi setelah kekalahan di beregu untuk bermain lebih rileks lagi, lebih enjoy lagi di perorangan,” katanya.

“Saya juga hari ini sudah mencoba yang terbaik lalu lebih tenang tapi saya akui ketegangan itu timbul beberapa kali,” tambahnya, seperti dikutip dari Antara.

Baca Juga: Asian Games 2022: Tim Sepak Takraw Putra & Putri Indonesia Lolos ke Final, Berpeluang Kawinkan Emas

Ia pun mengatakan akan melakukan evaluasi menyeluruh terhadap aspek nonteknis pada penampilannya di lapangan.

“Evaluasinya lebih ke arah nonteknis karena dari di lapangannya saya merasa kurang bisa menikmati permainan,” ungkap Jonatan.

Dengan hasil ini, Anthony Sinisuka Ginting menjadi satu-satunya wakil Indonesia di nomor perseorangan sektor tunggal putra pada babak 16 besar. 

Ginting sebelumnya menang atas wakil China Taipei, Wang Tzu Wei, 21-16, 21-11.

Baca Juga: Asian Games 2022: Tim Sepak Takraw Putra & Putri Indonesia Lolos ke Final, Berpeluang Kawinkan Emas


 




Sumber : Kompas TV, Antara




BERITA LAINNYA



Kunjungan Paus ke Indonesia

FOLLOW US




Gabung ke Channel WhatsApp KompasTV untuk update berita terbaru dan terpercaya.


VIDEO TERPOPULER

Close Ads x