Kompas TV olahraga badminton

Komentar Pelatih Ganda Putra usai Fajar/Rian Gagal Jadi Juara Korea Open 2023

Kompas.tv - 24 Juli 2023, 18:11 WIB
komentar-pelatih-ganda-putra-usai-fajar-rian-gagal-jadi-juara-korea-open-2023
Ganda putra Indonesia, Muhammad Rian Ardianto (kiri) dan Fajar Alfian, bertanding melawan Satwiksairaj Rankireddy dan Chirag Shetty dalam perempat final Indonesia Open 2023 di Istora Senayan, Jakarta, Jumat, 16 Juni 2023. (Sumber: AP Photo/Dita Alangkara)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Edy A. Putra

YEOSU, KOMPAS.TV - Pelatih ganda putra pelatnas Cipayung, Aryono Miranat, menyampaikan pandangannya terkait kegagalan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto meraih gelar juara Korea Open 2023.

Dalam pertandingan final yang berlangsung di Jinnam Stadium, Yeosu, Korea Selatan, Minggu (23/7/2023), ganda putra nomor satu dunia itu kandas di tangan wakil India, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty, 21-17, 13-21, 14-21.

Aryono mengatakan hasil yang dicapai Fajar/Rian pada tiga turnamen terakhir memang tidak memuaskan. Namun, dia melihat ada peningkatan pada penampilan dua anak asuhnya itu.

"Bila melihat ke belakang, penampilan Fajar/Rian kan di tiga turnamen hasilnya tidak memuaskan, permainan mereka juga kurang in," ungkapnya, Minggu, dikutip dari laman resmi PBSI.

"Lalu di Korea Open ini saya melihat dari awal sampai ke final, permainan mereka sudah mulai kembali ke bentuk terbaik, percaya dirinya juga sudah balik, sudah bisa mengeluarkan kemampuan."

Baca Juga: Japan Open 2023 Dimulai Besok, Ini Drawing dan Daftar 15 Wakil Indonesia

Ia menilai dua faktor yang menyebabkan kekalahan Fajar/Rian saat melawan Rankireddy/Shetty adalah kurang sabar dan terburu-buru.

"Fajar/Rian banyak melakukan kesalahan sendiri. Di gim pertama, mereka bisa menerapkan strategi yang sudah disiapkan tapi di dua gim berikutnya, ketika pasangan India sudah menemukan ritme permainan, Fajar/Rian kurang sabar," tutur Aryono.

"Ingin buru-buru mendapatkan poin, malah berujung dengan mati sendiri."

Setelah Korea Open 2023, Fajar/Rian akan tampil di Japan Open 2023 yang akan digelar pada Selasa (25/7/2023) hingga Minggu (30/7/2023).

"Kami tim pelatih akan terus menjaga kondisi mereka, mengingat masih ada dua turnamen beruntun ke depan. Yang terpenting bagaimana fokusnya tetap dapat," kata Aryono.

Selain Fajar/Rian, Aryono juga mengomentari penampilan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana, dan Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan di Korea Open 2023.

Leo/Daniel dan Fikri/Bagas kandas di putaran pertama, sedangkan Pramudya/Yeremia kalah di babak 16 besar Korea Open 2023.

"Untuk tiga pasangan lainnya, Leo/Daniel, Bagas/Fikri dan Pramudya/Yeremia, memang harus dievaluasi. Mereka tampil tidak pada levelnya, terlalu banyak melakukan unforced errors di lapangan," kata Aryono.

"Dari sisi mental pertandingan juga harus dibangkitkan lagi. Semoga ke depan mereka bisa memberikan yang lebih baik," ucapnya.

Baca Juga: Jadi Runner Up di Korea Open 2023, Fajar/Rian Akui Lakukan Banyak Kesalahan


 



Sumber : Kompas TV, PBSI



BERITA LAINNYA



Close Ads x