Kompas TV olahraga sepak bola

Menpora Dito Ariotedjo Soroti Akses Parkir Stadion JIS

Kompas.tv - 2 Juli 2023, 23:00 WIB
menpora-dito-ariotedjo-soroti-akses-parkir-stadion-jis
Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo buka suara soal namanya yang terseret dalam kasus korupsi BTS Kominfo, Minggu (2/7/2023). (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo buka suara terkait rencana renovasi Stadion Jakarta International Stadium (JIS). 

JIS rencananya akan menjadi salah satu venue atau arena pertandingan Piala Dunia U17 2023 yang bergulir mulai 10 November 2023 mendatang. 

Namun, ada beberapa hal yang diakui Dito menjadi masalah yang harus segera dibenahi dan disempurnakan. Di antaranya soal akses parkir yang dia rasa begitu sulit dijangkau. 

"Ya, akses parkir bus pemain khususnya," kata Dito kepada tim liputan Kompas TV, Minggu (2/7/2023).

Baca Juga: Respons PDIP Pertemuan Ganjar-Sandi, KPU Tetapkan DPT, Menpora Soal Renovasi JIS [TOP 3 NEWS]

"Itu pasti akan kita pikirkan dan kita lihat, seta ada beberapa hal lagi. Pasti akan kita optimalkan. Sekali lagi, ini agar seluruh stadion kita optimal. Kita ingin olahraga Indonesia maju." 

Selain itu, Dito juga menyebut pemerintah akan fokus meninjau 22 stadion lain yang berpotensi menjadi venue Piala Dunia U17 2023. 

Dito juga menyebut ada lima stadion di Indonesia yang sudah memenuhi standar menggelar event internasional.

"Yang sudah standar itu ada Gelora Bung Karno, Gelora Bung Tomo, Mahanan, terus yang di Sumatera Selatan (Jakabaring), dan di Bali (Kapten I Wayan Dipta). JIS memenuhi standar, tetapi ya itu ada beberapa catatan," jelas Dito. 

Baca Juga: Polemik JIS jadi Venue Piala Dunia U-17, Mulai dari Perbaikan Akses hingga Lahan Parkir

Hal senada juga dikatakan oleh Head Infrastructure Safety Security PSSI Adi Nugroho. Ia menganggap JIS masih memerlukan sejumlah penyempuranaan terkait akses, fasilitas, dan sirkulasi tim ofisial. 

“PSSI tidak pernah menyebutkan tidak layak (JIS sebagai venue), tapi masih diperlukan adanya penyempurnaan fasilitas, akses dan sirkulasi tim ofisial,” ujar Head Infrastructure Safety Security PSSI Adi Nugroho kepada Kompas TV, Minggu (2/7/2023).

Ia mengungkapkan, hal itu diketahui setelah melakukan survei lapangan bersama Jakpro selaku pengelola JIS, dan pewakilan Persija yang berencana menggunakan stadion tersebut pada September 2022 lalu.

Baca Juga: PJ Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Janji Tambah Akses Masuk Penonton ke JIS

“Saat selesai dilakukan survei lapangan bersama memang masih ada sejumlah aspek yang harus disempurnakan agar JIS bisa digunakan secara maksimal sebagai venue turnamen resmi sepak bola, dengan kehadiran penonton sesuai kapasitas yang diizinkan pihak keamanan,” tambahnya.


 



Sumber : Kompas TV



BERITA LAINNYA



Close Ads x