Kompas TV olahraga kompas sport

Rizki Juniansyah Sabet 3 Emas dan Pecahkan Rekor di Kejuaraan Dunia Angkat Besi Junior 2022

Kompas.tv - 6 Mei 2022, 14:05 WIB
rizki-juniansyah-sabet-3-emas-dan-pecahkan-rekor-di-kejuaraan-dunia-angkat-besi-junior-2022
Lifter putra Indonesia, Rizki Juniansyah, meraih 3 medali emas di Kejuaraan Dunia Junior 2022 yang berlangsung di Heraklion, Yunani. (Sumber: Antara/HO-PB PABSI)
Penulis : Isnaya Helmi | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Kabar membanggakan kembali datang dari Kejuaraan Dunia Angkat Besi Junior 2022 yang berlangsung di Heraklion, Yunani.

Lifter putra Indonesia, Rizki Juniansyah, berhasil menjadi juara dunia junior kelas 73 kg, Kamis (5/5/2022) malam.

Atlet 19 tahun ini menyabet tiga medali emas di kategori 73 kg putra untuk angkatan snatch, clean and jerk dan total angkatan.

Pada angkatan snatch, Rizki berhasil mengangkat beban seberat 156 kilogram. Dia unggul 10 kg dari pesaingnya asal Kazakhstan, Alexey Churkin, yang harus puas berada di posisi kedua.

Setelah menjadi yang terbaik di nomor snatch, Rizki kembali mengungguli lawan-lawannya dengan mengangkat beban 185kg di nomor clean and jerk. 

Dengan catatan di atas, lifter asal Banten ini sukses mengemas total 341 kg angkatan. Dia unggul jauh dibanding rival-rivalnya.

Baca Juga: Kado Lebaran, Lifter Windy Cantika Rengkuh Tiga Emas di Kejuaraan Dunia Junior 2022

Selain meraih gelar juara, Rizki juga berhasil mempertajam rekor dunia pada angkatan snatch atas namanya sendiri. 

Sebelumnya saat tampil di Kejuaraan Dunia Angkat Besi Junior 2021 di Tashkent, Uzbekistan, angkatan snatch Rizki mencapai 155 kg, kini menjadi 156 kg.

“Saya memang hanya menaikkan satu kilo saja karena saya tidak mau terlalu ‘ngoyo’, mengingat jarak antara kejuaraan dunia dengan SEA Games cukup dekat. Jadi saya tidak mau menghabiskan peak performance saya di kejuaraan dunia,” ujar Rizki dikutip dari Antara, Jumat (6/5). 

Diketahui, medali perak kelas 73 kg diraih lifter Kazakhstan, Alexey Churkin, dengan angkatan snatch seberat 146kg, clean and jerk 183kg, dan total angkatan 329kg.

Sedangkan medali perunggu menjadi milik lifter Amerika Serikat, Henry Ryan Grimsland, dengan total angkatan 327kg, dengan snatch 145kg dan clean and jerk 182kg.

Sebelumnya, atlet angkat besi putri Indonesia, Windy Cantika juga meraih tiga medali emas dalam kejuaraan tersebut.

Windy menjadi yang terbaik di nomor angkatan snatch, clean and jerk, serta total angkatan. 

Tampil di kategori 49 kg, dara asal Bandung ini membukukan angkatan snatch 83 kg, clean and jerk 102 kg, dan total angkatan 185 kg.

Baca Juga: NOC dan PB PABSI Perjuangkan Angkat Besi Tetap di Olimpiade



Sumber : Kompas TV/Antara



BERITA LAINNYA



Close Ads x