Kompas TV olahraga kompas sport

Rusia Invasi Ukraina, Federasi Judo Internasional Tangguhkan Jabatan Vladimir Putin

Kompas.tv - 27 Februari 2022, 21:02 WIB
rusia-invasi-ukraina-federasi-judo-internasional-tangguhkan-jabatan-vladimir-putin
Presiden Rusia, Vladimir Putin ditangguhkan jabatannya sebagai Presiden Kehormatan Federasi Judo Internasional. (Sumber: lexei Nikolsky/Sputnik/Kremlin Pool Photo via AP, File)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Fadhilah

JAKARTA, KOMPAS.TV - Federasi Judo Internasional (IFJ) telah menangguhkan jabatan Vladimir Putin sebagai Presiden Kehormatan, buntut dari invasi Rusia ke Ukraina.

Hal tersebut diumumkan IFJ dalam sebuah pernyataan pada Minggu (27/2/2022).

"Mengingat konflik perang yang sedang berlangsung di Ukraina, Federasi Judo Internasional mengumumkan penangguhan status Tuan Vladimir Putin sebagai Presiden Kehormatan dan Duta Besar Federasi Judo Internasional," tulis IFJ dikutip dari Mirror.

Putin memang dikenal cukup dekat dengan olahraga seni bela diri asal Jepang itu.

Pria berusia 69 tahun itu juga sering terlihat menghadiri acara turnamen judo Internasional seperti Kejuaraan Dunia 2017 di Budapest dan di Baku tahun lalu.

Pada Olimpiade 2012 London, Putin juga sempat menyaksikan pertandingan judo bersama Presiden IFJ Marius Vizer.

Vizer menjelaskan, keputusan untuk menangguhkan jabatan Putin di IFJ karena apa yang yang dilakukan Rusia terhadap Ukraina bertentangan dengan nilai-nilai olahraga.

"Kami sedih dengan situasi internasional saat ini, akibat dari dialog yang tidak efisien di tingkat internasional," kata Vizer dikutip dari Sportsmail.

"Kami sebagai komunitas olahraga harus tetap bersatu dan kuat, saling mendukung nilai-nilai universal kita, untuk selalu mempromosikan perdamaian dan persahabatan, kerukunan dan persatuan."

Baca Juga: Trump Sempat Puji Vladimir Putin Pintar, Kini Mengutuk Invasi ke Ukraina

"Keluarga judo berharap kerusuhan saat ini dapat diselesaikan di saat-saat terakhir, untuk membangun kembali normalitas dan stabilitas di Eropa Timur dan dunia, untuk sekali lagi dapat fokus pada beragam budaya, sejarah dan warisan Eropa, di cara yang paling positif."

Ditangguhkannya jabatan Putin sebagai Presiden Kehormatan IFJ ini menyusul keputusan IFJ sebelumnya yang juga membatalkan turnamen Grand Slam Judo di Kazan tahun ini.

Usai Rusia menginvasi Ukraina, tak hanya judo yang membatalkan acara mereka di Rusia.

Final Liga Champions musim ini yang digelar di St Petersburg turut dibatalkan dan dipindahkan ke Paris.

Balapan F1 2022 di Sochi juga tak luput dari pembatalan akibat krisis di Ukraina.

Tak hanya itu, Polandia, Republik Ceko dan Swedia menolak bertanding melawan Rusia di Play-Off Kualifikasi Piala Dunia 2022 pada akhir Maret mendatang. 

Baca Juga: Trump Sempat Puji Vladimir Putin Pintar, Kini Mengutuk Invasi ke Ukraina



Sumber : Mirror



BERITA LAINNYA



Close Ads x